logoblog

Cari

Sukseskan Sail Indonesia Moyo Tambora

Sukseskan Sail Indonesia Moyo Tambora

Mewakili Sekrtaris Daerah (Sekda ) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Ridwan Syah, M.Sc memimpin Rapat

Opini/Artikel

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
25 Juli, 2018 21:54:24
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 11101 Kali

Mewakili Sekrtaris Daerah (Sekda ) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Ridwan Syah, M.Sc memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Sail Indonesia Moyo Tambora 2018 bertempat di Gedung Sangkareang, Selasa (24/7).

Menurut Ir. Ridwan Syah, M.Sc , saat pemimpin rapat bersama dengan Kadis Pariwisata NTB Lalu Moh. Faozal, Sekda Sumbawa Drs. H. Rasyidi,  untuk mendatangkan Kegiatan Sail Indonesia ke NTB itu tidak mudah. Kita harus menyambut kegiatan ini dengan baik dan sukses. Kegiatan ini merupakan agenda Nasional yang di adakan setiap tahun oleh pemerintah dengan Col Bisninya adalah Pariwisaya. “Mendatangkan kegiatan Sail Indonesia ke NTB ini tidak mudah,”kata Ridwan Syah.

Lokasi Sail Indonesia bergilir setiap tahun. Tahun 2018  NTB dipercaya menjadi tuan rumah. Oleh karena itu momentum kepercayaan ini jangan sampai terlewatkan sia-sia.

Tekad Pemerintah NTB ingin menyukseskan dan menjadikan Sail Indonesia Moyo Tambora menjadi Sail Indonesia terbaik selama pelaksanaan Sail selama ini. Rencana itu tentunya mempunyai parameter untuk menilaia acara  Sail Indonesia Moyo Tambora. Ukuran yang pertama adalah jumlah pesertanya. Laporan dari Kadis Pariwisata ada 140 kapal para yacht dari Australia dan Selandia Baru yang berangkat masuk ke Labuan Bajo dan berlabuh di Labuhan Badas.

“Kalau 140 kapal, memuat 5-6 orang jadi ada sekitar 600 orang yang di kapal saja, tapi secara umum peserta pendukung yang akan hadir pada acara Sail Indonesia Moyo Tambora sekitar 5000 orang,” ujarnya.

Kehadiran 5000 orang peseta dan juga  kehadiran Presiden RI Ir. Joko Widodo, mejadi peluang dan momentum untuk dimanfatkan. Jangan sampai berlalu begitu saja. Sail Indonesia Moyo Tambora tujuannya hanya satu bagaimana pulau Sumbawa yang menjadi bagian dari NTB maju sebagaimana daerah lain.

“Kalau Lombok ada Mandalika, Global Hub, nah kita cari ide akhirnya ketemu di Sumbawa ternyata punya Samota Teluk Saleh Tambora, mau kita namakan Sail Samota kurang keren, orang asing taunya hanya Tambora, akhirnya namanya menjadi  Sail Indonesia Moyo Tambora, kalau disingkat tetap Samota,” jelas Ridwan Syah.

“Kehadiran 5000 orang dan bapak presiden Joko Widodo ini, jangan disia-siakan dengan kemeriahan saja, namun harus dimanfaatkan dengan kehadiran orang nomor satu di Indonesia ini,” jelasnya.

Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian kita bersama yaitu keamanan, harus dipastikan seluruh peserta mendapat keamanan dari tuan rumah, zero accident zero complain.

Selanjutnya masalah, Keimigrasian para peserta yang menghadiri Sail Indonesia Moyo Tambora. Peserta dari luar negeri ini berpindah-pindah, dari Negara ke Negara. “Kita harus pastikan visa mereka untuk diurus di Sumbawa, tidak perlu ke Bali atau ke Lombok,” jelasnya.

 

Baca Juga :


Acara Sail Indonesia Moyo Tambora akan sukses bila mendunia. Diliput secara luas dan di promosikan diseluruh pelosok tanah air dan dunia, potensi-potensi yang ada di lokasi-lokasi yang akan di singgahi seperti Kabupaten/Kota Bima, Dompu dan Sumbawa.

Kapal-kapal yang akan mengikuti Sail Indonesia Moyo Tambora akan singgah sebagai tamu kesultanan yang diterima oleh Bupati dan Walikota Bima sehari. Setelah itu menuju lokasi pelabuhan Badas Sumbawa.

“Jadi semua potensi dan destinasi se pulaua Sumbawa akan disinggahi oleh peserta Sail Indonesia Moyo Tambora dari luar negeri,” ungkap pria yang biasa disapa Dae Weo ini.

Kunci dari keberhasilan acara Sail Indonesia Moyo Tambora adalah kebersamaan. Tidak boleh saling mengklain ini acara Provinsi NTB, Kabupaten Sumbawa atau Pemerintah Pusat, tapi ini pekerjaan dan acara kita bersama seluruh NTB,” ajak Kepala Bapppeda NTB.

Festival Sail Indonesia Moyo Tambora merupakan acara terakhir dan kado perpisahan untuk Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi, MA. Berbagai program dan pembangunan yang kita raih bersama TGB. Acara ini juga merupakan ucapan selamat dating kepada Gubernur dan Wagub terpilih Zulkieflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah.

Ukuran keberhasilan dan keberlanjutan dari semua rangkian penyelenggaraan Festival Sail Indonesia Moyo Tambora ini harus kita dapatkan untuk keberlanjutan program dan pembangunan kedepan untuk Pulau Sumbawa pada khusunya dan NTB pada umumnya.

Apresiasi dan terimakasih atas kehadiran peserta Rakor, “Dengan melihat kehadiran bapak dan ibu, bayangan saya insyaAllah Sail Indonesia Moyo Tambora akan sukses,” ujarnya.

Rakor ini juga dihadiri oleh OPD Lingkup Pemrov, Kabupaten/Kota, aparat TNI/Polri, BUMN dan BUMD se NTB.  (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan