logoblog

Cari

Tutup Iklan

Wujudkan Desa Wisata, Pemdes Harus Berani Puasa

Wujudkan Desa Wisata, Pemdes Harus Berani Puasa

KM. Sukamulia – Membangun desa wisata itu membutuhkan keseriusan, keberanian dan komitmen dari pemerintah desa dan untuk mewujudkan Desa Wisata, Pemdes

Opini/Artikel

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
14 Mei, 2018 23:41:10
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 4522 Kali

KM. Sukamulia – Membangun desa wisata itu membutuhkan keseriusan, keberanian dan komitmen dari pemerintah desa dan untuk mewujudkan Desa Wisata, Pemdes harus berani berpuasa membangun infrastruktur sebab membangun desa wisata haruslah dimulai dari diri sendiri (Pemerintah Desa) dengan memproporsikan dana desa untuk membangun pasilitas dan segala hal yang berkaitan dengan pengembangan Desa Wisata. Demikianlah kesimpulan dari materi yang disampaikan oleh Kepala BPMPD Lotim (Drs. M Junaidi Taofan) kepada segenap peserta Worshop Sadar Wisata Lotim 2018.

“Untuk mewujudkan Pembangunan Desa Wisata, Pemdes dan BPD harus mampu memgelontorkan dana desa untuk mengimpestasikan dana desa yang ia miliki dengan mengembangkan desa wisata, seperti yang banyak dilaksanakan oleh pemendes-pemdes di Bali”, tegas Junaidi sebelum mulai menyampaikan materi yang telah disiapkan.

Pada ksempatan itu, Kepala BPMPD Lotim banyak bercerita mengenai tips dan strategi yang dilakan oleh Pemerintah Desa yang kini tekah sukses memenejemen dana desa untuk mengembangkan desa mereka menjadi Desa Wisata.

Junaidi menceritakan bahwa dari cerita-cerita sukses Desa Wisata yang telah berkembang, ternyata pemerintah desanya berani puasa membangun infrastruktur selama tiga tahun dan menggelontorkan dananya untuk pengembangan desa wisata dan sekarang mereka mampu menggaji pegawainya dan membangun desanya dengan dana yang didapatkan dari wisata desa yang dikembangkannya.

Desa-desa yang mempunya asset wisata diberikan kewenangan penuh untuk mengganggarkan dana desa untuk mengembangkan Desa Wisata. Perlu juga diketahui bahwa pada tahun 2019, akan ada program regulasi pembangunan dari pemda untuk desa-desa yang sudah di SK-kan menjadi desa wisata. Dengan demikian, Pemerintah Desa yang mempunyai asset wisata dana tau yang telah di SK-kan menjadi Desa Wisata tidak perlu khawatir untuk memproporsikan dana desa yang dimilikinya untuk kegiatan pengembangan Desa Wisata yang dimilikinya.

 

Baca Juga :


“Dari 30 desa yang hadir pada hari ini diharapkan dapat mengembangkan desa wisata sebab sampai hari ini belum ada desa wisata yang dikembangkan pendanaannya dari atas (pemerintah daerah/provinsi/pusat). Dengan demikian kita harus mulai dari diri kita dan itu harus kita buat komitmen. Mudah-mudahan workshop ini bisa merekomendasikan pemdes yang hadir untuk mengembangkan desa wisata di desa-nya masing-masing”, harap kepala BPMPD tersebut di ahir penyampaian materinya .

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan