logoblog

Cari

Tutup Iklan

Festival Pesona Tambora Dongrak Wisata Pulau Sumbawa.

Festival Pesona Tambora Dongrak Wisata Pulau Sumbawa.

Ribuan masyarakat memadati Puncak acara rangkian Festival Pesona Tambora (FPT) berlangsung meriah dan lancar. Kegiatan ini merupakan klimaks dari kegiatan yang

Opini/Artikel

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
15 April, 2018 11:12:08
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 4573 Kali

Ribuan masyarakat memadati Puncak acara rangkian Festival Pesona Tambora (FPT) berlangsung meriah dan lancar. Kegiatan ini merupakan klimaks dari kegiatan yang digelar oleh Kabupaten Sumbawa, KSB, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima, sejak 1 April hingga 11 April 2018. Rangkian acara FPT berlangsung dilereng Gunung Tambora di Doro Ncangga Sarae Nduha Kabuapten Dompu.

 

Kegiatan puncak FPT 2018 dihadiri juga oleh Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti, Sekda Prov. NTB, Rosiyadi Sayuti, Anggota DPR RI Dapil NTB H. M. Syarifudin, ST, MM, Bupati Dompu H. Bambang, para kepala dinas lingkup Pemrov. NTB dan Kabupaten/Kota se NTB,  Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Danrem 162 Wira Bhakti, Kepala Dinas Pariwisata Prov. NTB, L Muhammad Faozal.

 

Kegiatan ini tampak semarak dengan hadirnya Artis Ibukota musisi dan sekaligus Anggota DPR RI Anang Hermansyah, Asanti, Aurel dan Arie Suzan. Tak ketinggalan para penari meragakan atraksi budaya dan tarian tradisional. Rangkian  kegiatan inipun diisi dengan atraksi terjun payung. Atraksi Penerjun dari Kopaska Pangkalan TNI AU Lanud Surabaya. Atraksi 11 orang penerjun profesional dari Kopaska dan TNI AU Lanud Surabaya ini berangkat dari bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima menggunakan Pesawat TNI AU Lanud Surabaya menjadi tontonan yang dinanti masyarakat.

 

 

Kementerian Pariwisata konsisten mendukung penyelenggaraan event Festival Pesona Tambora, yang telah berlangsung selama 4 tahun berturut-turut sejak tahun 2015. Event diselenggarakan untuk memperingati peristiwa meletusnya Gunung Tambora, terjadi pada tahun 1885. Momentum tersebut dikenang melalui perhelatan Festival Pesona Tambora, untuk menarik perhatian masyarakat dunia dengan mengangkat eksotisme daya tarik pariwisata di sekitar Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

 

Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti, yang mewakili Menpar membuka acara puncak Festival Pesona Tambora 2018 memuji keindahan alam di sekitar Tambora. Menurutnya, Festival Pesona Tambora mampu mengangkat destinasi sekitarnya.

 

“Festival Pesona Tambora memiliki banyak alternatif obyek wisata. Tempat-tempat ini harus menjadi destinasi liburan bagi para wisatawan. Semua tersaji lengkap di Tambora. Gunung, nuansa pantai, hingga bawah lautnya luar biasa. Wajar bila Pulau Moyo menjadi tujuan wisata para pesohor dunia,” terang Esthy.

 

Lanjut Esthy, untuk menarik minat kunjungan wisatawan agar target yang ditargetkan yakni 17 juta wisman dan 270 juta wisnus tercapai. Aktifitas Festival seperti ini harus di dukung, karena merupakan salah satu caranya.

Sementara itu, untuk mengatasi kendala akomodasi dapat digunakan homepod, glamping dan caravan yang merupakan program nomadic tourism yang diusung Kemenpar.

 

Sedangka Sekda Prov. NTB, Rosiyadi Sayuti mengatakan bahwa Puncak Festival Pesona Tambora telah sukses digelar. Pelaksanaan event seperti ini merupakan atraksi pariwisata yang harus tetap dipertahankan. Sehingga mampu mendongrak Pariwisata di Pulau Sumbawa khususnya dan NTB umumnya.

 

“Setiap tahunnya pelaksanaan puncak FPT berlangsung meriah dengan rangkian acara yang berbeda-beda di 4 Kabupaten 1 kota. Ditahun 2018 ini, FPT menjadi trending topik nasional sehingga di harapkan mampu meningkatkan kemajuan wisata di Sumbawa, Dompu, Bima dan NTB umumnya,” kata Rosyadi.

 

Pulau Sumbawa memiliki segitiga eksotis Samota, yaitu Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora. Keindahan kawasan Samota memiliki daya tarik bagi para wisatawan. Selain itu, Tambora juga memiliki Savana Doro Ncanga dan Doro Bente. Destinasi ini berada pada kawasan National Geopark Tambora.

 

Savana Doro Ncanga merupakan lokasi bentangan padang rumput lebih dari 6.000 hektare. Kawasan ini juga menjadi lokasi penggembalaan sapi, kerbau, hingga kuda. Masih di kawasan Tambora, terdapat Doro Bente yang merupakan kaldera yang tidak aktif lagi. Doro Bente memiliki ketinggian 80 mdpl dan berbatasan langsung dengan laut.

 

Sedangkan Teluk Saleh yang memiliki kedalaman mencapai 200 meter ini memiliki daya tarik sendiri. Kawasan ini familiar sebagai akuarium raksasa karena memiliki biota laut yang sangat lengkap. Beragam jenis spesies terumbu karang dan ikan ada di sana.

 

Yang menjadi idola adalah manta atau pari paka. Perairan Moyo dikenal memiliki pusaran arus yang dikenal sebagai fenomena pembersihan air. Meski demikian, pusaran arus tersebut tidak berbahaya.

 

Baca Juga :


 

Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Mohammad Faozal juga menjelaskan , Pulau Sumbawa ini kaya akan destinasi wisata favorit. Nuansa pantai-pantainya sangat khas. Para pengunjung Festival Pesona Tambora juga banyak mampir ke sana. Lokasi festival dengan Teluk Saleh sangat dekat.

 

“Pulau Moyo merupakan lokasi yang wajib dikunjungi wisatawan ketika berkunjung ke NTB. Kawasan ini memiliki pesona berupa Air Terjun Mata Jitu yang memiliki ketinggian 15 meter dengan 12 kolam bertingkat. Area ini eksotis karena menjadi oase di tengah savana Pulau Moyo,” ajak Faozal

 

“Keindahan bawah laut di sana memang luar biasa. Kawasan ini menjadi destinasi favorit bagi para penyelam. Ada banyak obyek yang bisa dilihat di sana,” ujar Faozal lagi.

 

Bupati Dompu, Bambang M Yasin mengatakan bahwa lokasi penyelenggaraan acara puncak Festival Pesona Tambora 2018 bergeser dari tempat yang biasa digunakan pada tahun sebelumnya. Hal ini bertujuan agar para hadirin dapat menikmati keindahan Gunung Tambora dari sisi lain.

 

Festival Pesona Tambora merupakan event tetap untuk mempromosikan potensi pariwisata Pulau Sumbawa yang terdiri dari Kabupaten Sumbwa, Sumbawa Barat, Dompu, Bima dan Kota Bima dan Sumber Daya Alam Teluk Saleh.

Festival Pesona Tambora diadakan untuk meningkatkan nama Tambora sebagai branding pariwisata Subawa yang telah melenggenda karena kedasyatan letusannya 203 tahun lalau, sehingga Festival ini diharapkan sebagai event tetap Sumbawa akan menjadi ikon pecinta wisata minat khusus dan adventure serta edukasi, hal ini sesuai dengan topografi pulau sumabwa yang berbukit-bukit mampu memberikan tantangan extreme bagi wisatawan penicinta  tantangan.

 

Rangkian rundown acara yang mulai digelar sejak 1 April hingga 11 April 2018 antara lain mulai dari Tano Festival diantaranya Barapan Ayam dan Tano Runn oleh Kabuapten Sumbawa Barat (KSB) yang berlangsung 4 April 2018. Kemudian Tambora Chalengge hadir bagi pecinta Marathon yang diselenggarakan 4-11 April 2018.

 

Kabupaten Sumbawa menawarkan keelokan Istana Dalam Loka, untuk menggambarkan religiusnya kesultanan Sumbawa. Rangkian kegiatan Semalam Dalam Loka ini dikemas dengan pentas seni tradisional, pameran ekonomi kreatif, dialog budaya dan pameran benda-benda pusaka bersejarah NTB pada 6 sampai dengan 7 April 2018.

 

Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima sebagai pemilik wilayah mengemas apik acara Pesona Festival Tambora dengan beragam acara, Fest in Fest Tambora. Pawai Budaya masyarakat Bima akan memeriahkan rangkian tersebut pada  4 April 2018. Trail Adventure, Festival Kuliner, Cera Labu dan kita akan disuguhi dengan Tambora Coffe Fest sampai dengan 10 April 2018

 

Menuju Bima, di gelar rangkian acara Teka Tambora yang didalamnya ada Sakosa Bike Tour, Jelajah Alam Tambora, Dialog Kreatif Infestasi dan Pariwisata Mbojo dai kapal perang yang berlangsung sejak 1 April hingga 9 April 2018.

 

Rangkian Festival Lawata Fest di Kota Bima, pada 8 April dikemas ada Festival Perahu, Lomba Dayung dan Festival Teluk Bima, sejarah membuktikan masyarakat Bima dikenal sebagai pelaut yang tangguh, sehingga acara ini untuk mengenang ketangguhan pelaut Bima mengarungi lautan.

 

Sebagai acara puncak pelaksanaan  Festival Pesona Tambora tahun 2018, digelar di wilayah gunung Tambora Kabupaten Bima dan Dompu. Keragaman dan kekayaan destinasi wisata yang mengelilingi gunung tambora menjadi latar belakang tema festival tambora tahun ini”Tambora Challenge The Word” (Edy)

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan