logoblog

Cari

Tutup Iklan

Mandalika, Bali Baru Indonesia

Mandalika, Bali Baru Indonesia

KM. Sukamulia – Suatu keberuntungan bagi Pulau Lombok pada khusunya dan Nusa Tenggara Barat pada umumnya yang dimana provinsi Nusa Tenggara

Opini/Artikel

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
31 Maret, 2018 18:24:13
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 6902 Kali

KM. Sukamulia – Suatu keberuntungan bagi Pulau Lombok pada khusunya dan Nusa Tenggara Barat pada umumnya yang dimana provinsi Nusa Tenggara Barat mendapatkan salah satu program unggulan Percepatan Pembangunan Nasional, yakni Program 10 Bali Baru Indonesia yang merupakan salah satu Program Percepatan Pembangunan Nasional dalam bidang Pariwisata. Kuta Mandalika Lombok adalah wilayah yang dipilih untuk mendapatkan program dimaksud sehingga ke depannya Kuta Mandalika akan menjadi bagian dari 10 Bali Baru Indonesia.

Kita patut bersyukur sebab saat ini Lombok mendapatkan program Unggulan Percepatan Pembangunan Nasional yang dimana Mandalika termasuk dalam program Menciptakan 10 Bali Baru Indonesia, tegas Farid Said pada saat menyampaikan presntasinya dihadapan peserta Penyuluhan Sadar Wisata yang diselenggarakan oleh Dispar Lotim Kamis (29 Maret 2018).

Wakil Direktur Poltekpar Negeri Lombok menjelaskan bahwa 10 Bali Baru yang akan dibuat di Indoneisa adalah; 1) Danau toba, 2) Tanjung kelayang, 3) Tanjung lesung, 4) Kepulauan seribu, 5) Borobudur, 6) Beromo Tengger Semeru, 7) Mandalika Lombok, 8) Labuan Bajo, 9) Wakatobi dan 10) Morotai.

Masuknya Mandalika sebagai salah satu bagian dari program Menciptakan 10 Bali Baru Indonesia itu merupakan keuntungan yang sangat luar biasa bagi masyarakat pulau Lombok pada khusunya dan NTB pada umumnya sebab di Mandalika akan dibuat tempat penginapan (hotel) yang artinya Mandalika adalah Tempat Tidur Wisatawan. Di Mandalika akan dibangun sekitar 1.600 kamar hotel (tempat penginapan). Terkait dengan hal itu maka kita yang ada di sekitaran Mandalikan harus mempersiapkan diri dengan mengelola asset wisata yang ada di desa kita masing-masing. Bukan hanya Lombok Tengah yang akan mendapat keuntungan dari program itu, namun Lotim, Lobar, Lombok Utara bahkan pulau Sumbawa juga akan mendapatkan danpak positifnya. Bagaimana tidak, di Mandalika wisatawan hanya menginat dan tentunya wisatawan-wisatawan itu memerlukan tempat-tempat lain sebagai tempat mereka bermain-main sesuai dengan kebutuhan perjalanan wisata mereka, papar Farid.

Sosok yang mengawali karirnya sebagai seorang tour guide itu juga menginformasikan bahwa jika Mandalika mulai beroprasi maka setidaknya itu akan membutuhkan lebih dari 3.000 tenaga kerja. Dengan demikian maka secara tidak langsung itu akan meningkatkan aspek perekonomian masyarakat sebab dunia kepariwisataan itu tidak bisa berdiri sendiri. Untuk itu, kita harus siap sebab wisatawan tidak akan hanya datang tidur.

Perlu diketahui bahwa sesuai dari data yang bersumber dari Menpar Arif Yahya yang bertanggal 24 Januari 2017, pada tahun 2016 Indonesia masih mendapatkan kunjungan yang minim. Bandingkan saja, 1) Thailand dikunjungi oleh 30 Juta wisatawan sedangkan jumlah penduduk 60 juta, 2) Malaysia dikunjungi 25 Juta wisatawan sedangkan jumlah penduduknya 22 juta, 3) Singapura mendapatkan kunjungan 15 Juta wisatawan sedangkan penduduknya berjumlah 5 juta dan 4) Indonesia hanya mendapatkan 12 juta wisatawan sedangkan penduduknya berjumlah 250 juta.

 

Baca Juga :


Mengacu dari data tersebut maka pemerintah pusat mencanangkan program percepatan pembangunan nasional melalui Pengembangan Usaha Kepariwisataan sebab usaha kepariwisataan memiliki pernan besar dalam mencuat perekonomian nasional dan sebab itulah diluncurkan program Menciptakan 10 Bali Baru Indonesia.

Hal lain yang menjadi alasan Pemerintah Pusat mencanangkan Program Menciptakan 10 Bali Baru Indonesia adalah banyaknya intruksi dari berbagai daerah terkait dengan pengembangan dunia kepariwisataan yang dimana selama ini hanya pulau Bali yang diberikan kucuran dana besar guna pembangunan usaha keparisataan. Tidak heran, jika selama ini Bali menjadi tujuan utama wisatawan yang berkunjung ke Indonesia dan daerah lainnya mendapatkan kunjungan yang rendah. Melihant kondisi itu maka pemerintah pusat menganggap penting untuk mengembangkan usaha kepariwisataan di daerah lainnya sebab Indonesia memiliki asset pariwisata yang sangat besar di luar Bali dan Mandalika Lombok termasuk di dalam-nya.

Semoga dengan adanya program ini, perekonomian masyarakat Indonesia dapat lebih mencuat dari sebelumnya. Semoga pula program Menciptakan 10 Bali Baru Indonesia pada umumnya dan pembangunan usaha kepariwisataan di Mandalika Kuta Lombok pada khususnya segera terealisasi dan terlaksana dengan sukses sehingga kita semua mendapatkan cipratan dari dampak positifnya. (Sumber: Materi Presentasi Penyuluhan Sadar Wisata oleh Farid Said).

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan