logoblog

Cari

Tutup Iklan

Ancaman Pancasila Dalam Era Globalisasi Modern

Ancaman Pancasila Dalam Era Globalisasi Modern

Oleh: miff ( Mahasiswi UIN) Landasan dan pijakan bangsa Indonesia tidak lain adalah Pancasila. Jadi Pancasila dalam era globalisasi ini harus

Opini/Artikel

Rizki Handika Tastura
Oleh Rizki Handika Tastura
28 Maret, 2018 23:51:48
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 22032 Kali

Oleh: miff (Mahasiswi UIN)

Landasan dan pijakan bangsa Indonesia tidak lain adalah Pancasila. Jadi, pancasila dalam era globalisasi ini harus dijadikan landasan untuk berpijak bagi kehidupan bangsa Indonesia. Globalisasi merupakan suatu proses atau bentuk dimana kelompok-kelompok masyarakat dari seluruh penjuru dunia saling mengenal, bekerja sama, berinteraksi sebagai masyarakat baru.

Tantangan yang pernah dihadapi oleh Pancasila sebagai dasar negara, jenis dan bentuknya sekarang dipastikan akan semakin kompleks dikarenakan efek dari globalisasi itu sendiri. Salah satu contoh yang sangat marak terjadi di lingkungan kita saat ini adalah perkembangan dari IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi), contonya seperti handphone, yang dimana handphone ini seakan dijadikan sebuah kebutuhan wajib harus ada dalam keseharian kita.

Memang tekhnologi sangat membantu dan memudahkan kita dalam mencari informasi yang kita inginkan dan butuhkan, namun tanpa kita sadari bahwa kita sendiri telah diperbudak oleh tekhnologi tersebut. Tidak hanya itu, kemudahan dari tekhnologi tersebut menyebabkan maraknya akan isu hoax yg sangat mudah sekali tersebar keseluruh penjuru dunia. Provokator-provokator yang begitu mudahnya memprovokasi antar sesama dengan informasi-informasi hoax yang mereka sebarkan melalui jejaring sosial. Sebagai contoh, yang sedang marak terjadi pada saat ini adalah, tersebarnya isu kejelekan ulama-ulama Indonesia yang menyebabkan konflik keagamaan. Dan efek dari globalisasi ini juga yaitu maraknya akan kapitalisme, spiritualisme, liberalism, dan sebagainya.

Sehingga globalisasi bertentangan dengan sila ke-1. karena ia membangkitkan materialism yang menentang spiritual. Pada era globalisasi ini seakan nyawa seseorang bukan hal yang penting lagi, hanya demi mendapatkan sebuah kesenangan duniawi dan kebahagiaan yang semu. Sungguh hal ini sangatlah jauh dari nilai moral, beretika dan beragama. Globalisasi bertentangan dengan sila ke-2. Dalam hal ini globalisasi menghilangkan rasa kemanusaan dan prikemanusiaan dan digantikan oleh tekhnologi yang dimana dalam arus globalisasi hak-hak dan etika kemanusiaan dilanggar hanya untuk mendapatkan keuntungan tersendiri. Globalisasi bertentangan dengan sila ke-3. Yang menyebabkan hilangnya rasa persatuan antar sesama. Globalisasi bertentangan dengan sila ke-4, yaitu menaikkan perkapita nasional, yang menyebabkan semakin banyaknya kemiskinan, dan juga menghalanghalangi kecerdasan dan kesehatan masyarakat dengan bertambah mahalnya ilmu pengetahuan dan kesehatan. Dan terakhir globalisasi bertentangan juga dengan sila ke-5. Yaitu maraknya akan ketidakadilan distributive, dan illegal dalam perdagangan, yang dimana konsumen tidak berhubungan langsung dengan produsen, yang menyebabkan terancamnya keadilan nasional maupun internasional, dikarnakan hutang dan pajak lingkungan yang tidak dibayar.

 

Baca Juga :


Dengan demikian seiring berjalannya waktu pancasila seakan berubah dan juga akan akan mengubah system dalam prakteknya. Oleh karena itu kita sendiri sebagai warga negara indonesia yang berlandaskan pada Pancasila, kita sebagai agen of the change harus sadar, harus bisa dan berani mempertahankan nilai nilai yang terkandung di dalam Pancasila, demi untuk menjaga keharmonisan negara. Menfilter segala informasi yang tersebar di jejaring sosial, dan harus mampu menfilter dan menangkal segala hal dan budaya yang negatif yang dibawa oleh negara asing. Demi menjaga nama baik NKRI.

Murid macel



 
Rizki Handika Tastura

Rizki Handika Tastura

Nama : Rizki Handika Putra Alamat: Barabali Batukliang No Hp : 085386480824 " Mahasiswa"

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan