logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kampung Media, Mendorong Partisipasi Publik Dalam Pembangunan

Kampung Media, Mendorong Partisipasi Publik Dalam Pembangunan

KM. Sukamulia – Kampung Media, siapa yang tidak kenal dengan Portal Jurnalisme Warga NTB yang satu ini. Portal yang awalnya merupakan

Opini/Artikel

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
03 Maret, 2018 10:41:57
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 10982 Kali

KM. Sukamulia – Kampung Media. Siapa yang tidak kenal dengan Portal Jurnalisme Warga NTB yang satu ini. Portal yang awalnya merupakan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) digital tersebut memang patut dibanggakan oleh warga NTB pada khususnya dan Indonesia pada umumnya sebab sejak awal dibentuk hingga saat ini, Kampung Media tergolong berhasil mendorong Partisipasi Publik dalam Pembangunan.

Kampung Media bukan hanya sekedar Portal Jurnalisme Warga NTB, namun Kampung Media juga merupakan sarana Pembangunan dan bagian dari dakwah tangan warga NTB. Melalui Kampung Media, terbangunlah kelompok-kelompok masyarakat yang kemudian disebut dengan istilah Warga Kampung Media. Melalui kelompok-kelompok tersebut, Warga Kampung Media berkumpul melakukan berbagai berbagai kegiatan sesuai dengan kreatifitas dan mengembangkan potensi tempat tinggal mereka. Melalu Kampung Media, kemudian kelompok-kelompok tersebut menceritakan kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan dan merubah tradisi bertutur di Berugak menjadi tradisi bertutur di Blog.

Semakin hari, semakin banyak kelompok yang terbentuk sehingga gaung Kampung Media menjadi semakin luas dan partisipasi public dalam pembangunan daerah semakin besar. Dengan demikian, jelaslah bahwa Kampung Media memiliki peranan yang sangat penting dan cukup besar dalam mendorong partisipasi public untuk terlibat dalam membangun daerah mereka masing-masing pada khusunya dan Nusa Tenggara Barat pada umumnya. Hal itu tercipta sebab Kampung Media tidak membatasi cara bertutur, menulis di Kampung Media tidah harus pintar mengolah kalimat dengan aturan-aturan menulis resmi. Namun, Kampung Media memberikan peluang bagi siapa saja (Warga NTB) yang mau berkisah untuk mengkisahkan informasi apa saja yang mereka miliki supaya orang lain mengetahuinya.

Melalu Kampung Media, masyarakat NTB juga diberikan kesempatan untuk melayangkan atau meluahkan protesan dana tau masukan apa saja, dengan catatan protesan tersebut mereka sampaikan dengan bahasa yang santun dan sopan. Hal inilah yang sesungguhnya membuat Kampung Media betul-betul berhasil mendorong partisipasi public dalam pembangunan. Bagaimana tidak, melalui Kampung Media, siapa saja bisa menyampaikan aspirasinya, baik terkait dengan pembangunan infrstrutural, pendidikan, kesehatan dan lain-lain dengan memasukkan keluh kesah mereka melalui kanal Pengaduan Kampung yang disediakan pada halaman Blog Kampung Media.

Bukan hanya itu, siapa saja yang berkeinginan bergabung menjadi Warga  Kampung Media (Jurnalisme Kampung) diberikan kesempatan untuk mengelola blog/halaman web-nya sendiri setelah mendaftarkan diri sebagai Warga Kampung. Untuk mendapatkan halaman blog tersebut, mereka tidak perlu membayar biaya pendaftaran dan mereka juga tidak perlu membayar pajak atas blog yang dikelolanya. Artinya, Pemerintah NTB melalu Dinas Kominfotik NTB memberikan kesempatan kepada seluruh warga NTB untuk berpartisipasi membangun daerahnya dengan menyediakan Portal Jurnalisme Warga “Kampung Media” yang bisa diakses oleh seluruh warga NTB yang paham dunia Informasi dan Teknologi dan itu mereka dapatkan secara geratis, bahkan pada setiap akhir tahun mereka yang dianggap kompeten dan aktif menulis diberikan penghargaan oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Malam Anugerah Kampung Media.

Hal yang sangat menarik dari Kampung Media adalah Kampung Media bukan hanya sebatas Portal Berita Nusa Tenggara Barat, namun Kampung Media juga merupakan sarana promosi dan tempat berkumpulnya warga NTB yang memiliki kreatifitas dalam berbagai bisang. Di sinilah terlihat bahwa ternyata Kampung Media itu adalah sarana berkumpul masyarakat NTB untuk mewujudkan satu tujuan, yaitu mensukseskan pembangunan yang bermartabat di seluruh tanah Nusa Tenggara Barat. Untuk mewujudkan hal itu, Warga Kampung Media berkumpul di tempat mereka masing-masing guna mengembangkan kreatiftas dan potensi wilayah mereka masing-masing sehingga bermunculan kelompok ekonomi kreatif yang tentunya bertujuan untuk meningkatkan tarap perekonomian warga Kampung Media itu sendiri dan warga sekitarnya.

 

Baca Juga :


Tak hanya itu, selama ini banyak seklai kita temukan Portal Jurnalisme yang mengelola penyebaran berita online, namun sebagian besar portal itu berpusat pada berita-berita kota. Sedangkan berita-berita mengenai kehidupan masyarakat pelosok dan pedesaan tidak disentuhnya. Di sinilah keunggulan Kampung Media yang anggota atau jurnalisnya tidak hanya orang kota, melainkan sebagian besar Jurnalinya berasal dari daerah pedesaan dan pelosok. Karena jurnalisnya sebagain besar dari daerah pedesaan dan pelosok maka informasi yang masuk di Halaman Blog Kampung Media adalah berita-berita mengenai realita kehidupan dan potensi-potensi daerah pedesaan dan pelosok. Hal inilah yang kemudian menyebabkan bermunculannya wisata-wisata kampung yang saat ini meramaikan destinasi wisata Nusa Tenggara Barat yang dikemas dengan nama Pesona Lombok Sumbawa.

Keunggulan dan prestasi Kampung Media dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan inilah yang kemudian menyebabkan beberapa orang Gubernur dari berbagai wilayah Indonesia mengunjungi Kampung Media.

Kementerian Kominfotik Nasional pun sangat membanggakan Kampung Media beserta segenap warganya. Kebanggaan itu dibuktikan dengan kerafnya bapak Rudiantara (Menteri Kominfotik) berkunjung ke NTB guna bertemu dan bertukar cerita bersama Warga Kampung Media serta mengundang Kepala dan Warga Kampung Media untuk mengikuti kegiatan Kementerian Kominfo di luar daerah. Bahkan pada bulan Maret 2018 ini, Direktorat Pengolahan dan Kementerian Kominfotik akan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Disminasi Informasi Terintegrasi Melalui “Kampung Media” yang akan dilaksanakan pada hari Selasa, 06 Maret 2018 di Lombok Garden Hotel Mataram.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan