logoblog

Cari

Tutup Iklan

Membangun Desa Dari Hal Yang Sederhana

Membangun Desa Dari Hal Yang Sederhana

Sembalun Online – Pemuda yang akrab disapa royal ini memiliki konsep pembangunan desa dari hal yang sederhana. Konsep yang sederhana yang

Opini/Artikel

Sembalun Online
Oleh Sembalun Online
26 Desember, 2017 06:02:09
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 5583 Kali

Sembalun Online – Pemuda yang akrab disapa royal ini memiliki konsep pembangunan desa dari hal yang sederhana. Konsep yang sederhana yang dimaksud adalah dimana setiap desa harus memiliki produk jualan yang bisa menciptakan sebuah lapangan kerja baru dan memiliki damfak besar untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri. “Membangaun Desa dari hal yang sederhana namun harus berdampak besar terhadap kesejehteraan masarakat. Setiap Desa harus memiliki produk jualan sebagai jalan untuk menciptakan lapangan kerja baru”. Jelas Royal.

Pemuda yang dikenal sebagai aktor penggerak wisata Sembalun ini menjelaskan bahwa UU no 6 tentang Desa dimana Desa diamanatkan sebagai ujung tombak pembangunan masyarakat Desa. “Dengan dikeluarkanya UU no 6 Tentang Desa, maka pada saat itu Desa diamanatkan sebagai ujung tombak membangun masyarakat Desa. Ada yang perlu kita ingat bahwa dana yang jumlahnya miliaran tersebut bukan untuk membangun Desa tetapi untuk membangun masyarakat desa agar keluar dari permasalahan-prrmasalahn dasar yang mereka miliki”. Jelas Royal.

Pemuda yang aktif di Partai PDIP ini meminta kepada pemimpin desa untuk peka terhadap sektor-sektor yang dapat mengerakkan pembangunan sebuah desa serta pemimpin desa harus bisa memilihat potensi desa yang dapat untuk dikembangkan. “Pemipin Desa harus peka dengan sektor-sektor yang dapat menggerakan pembangunan serta bisa melihat potensi Desa yang dapat dikembangkan”. Jelas Royal. Peran aktif masyarakat untuk mengusulkan sebuah program harus sangat diharapkan. “Di samping itu, masarakat juga harus berperan aktif dalam mengajukan usulan-usulan program yang produktif dan mngedepankan kepentingan orang banyak”. tambah Royal.

Director SSSD( sembalun society for social development)/(CBO) ini memperkenalkan olahraga Paralayang kepada masyarakat yang menurutnya menjadi salah satu produk unggulan ditawarkannya. Paralayang yang bukannya hanya sekedar hobby tetapi juga bisa dijadikan sebagai lapangan kerja baru bagi masyarakat karena olahraga ini membutuhkan banyak orang. Mesti tergolong mahal tetapi dengan semangat kebersamaan dan gotong royong hal itu bisa kita lakukan. “Salah satu produk unggulan yang dapat di kembangkan adalah Paralayang. Olahraga ini bukan sekedar hobi tetapi juga bisa dijadikan sebagai pekerjaan utama. Memang olahraga ini mahal, tetapi semuanya kita bisa jalankan dengan mngedepankan kebersamaan debgan bergotong royong, sehingga yang berat menjadi ringan. Disamping itu, dari aktifitas ini banyak yang akan tergerak mulai dari tour operator sebgai penjual paket wisata, pilot sebagai eksekutor danbpenjual jasa, ojek, paraboy, pemilik lahan take of dan landing juga kecipratan rezeki.Paralayang hanyalah sebagai contoh kecil bgaimna kita bisa membangun dengan perencanaan yang matang.” Jelas Royal.

 

Baca Juga :


Sumber FB. Roal Di Sembahulun

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan