logoblog

Cari

Tutup Iklan

Wacana (meng)Global: Dari NTB Untuk Indonesia

Wacana (meng)Global: Dari NTB Untuk Indonesia

Meski belum genap enam dekade, NTB tampak menuangkan visinya dengan tegas. Dalam peringatan hari jadinya yang ke-59, NTB mengusung tema

Opini/Artikel

Galih Suryadmaja
Oleh Galih Suryadmaja
17 Desember, 2017 23:59:08
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 4745 Kali

Meski belum genap enam dekade, NTB tampak menuangkan visinya dengan tegas. Dalam peringatan hari jadinya yang ke-59, NTB mengusung tema yang begitu besar. Wacana kecil dalam merefleksi makna besar, tentang penguatan nasionalisme dalam kehidupan masyarakat di wilayah tengah Indonesia. Seperti yang diungkap oleh TGH M. Zainul Majdi (Gubernur NTB) dalam malam Tasyakuran (17/12), bahwa tema ini memiliki maksud sebagai bentuk upaya masyarakat NTB dalam mengapresiasi dirinya sendiri. Bagaimana pentingnya menumbuh kembangkan "kesadaran" akan keberadaan dirinya sebagai bagian Indonesia menjadi titik tekan ketika memaknai tema di Hari Peringatan kali ini. Artinya dengan segala ketidaksempurnaan pandangan, stigma, dan justifikasi masyarakat luar tentang NTB, hal itu tidak akan mengurangi nilai dan motivasi masyarakat untuk tetap memberikan arti kepada bangsa dan negara. Hal itu, tentu saja diimplementasikan dengan selalu mengedepankan pikiran-pikiran positif dalam menatap kehidupan dan memahami segala realitas yang terjadi. 

NTB memang belum dapat menghadirkan kesempurnaan dalam pembangunan. Karena faktanya masih banyak persoalan yang harus diselesaikan seperti halnya kemiskinan, pemerataan infrastruktur, penyediaan lapangan pekerjaan, dan lain sebagainya. Akan tetapi, hal itu tidak berarti NTB tidak berbuat apapun. Karena di balik semua itu, NTB telah berupaya menunjukkan perubahan-perubahan yang signifikan. Salah satunya adalah mengurangi angka kemiskinan, turun ke level 16%. Optimisme tentunya perlu untuk dipertahankan dalam menatap masa-masa medatang. Bahwa NTB akan dapat berubah menjadi jauh lebih baik. Pastinya tidak hanya sekedar wacana perubahan itu dapat terjadi, melainkan dengan kerja keras dan sinergitas berbagai elemen masyarakat. Karena jelas pemerintah tidak akan sanggup melakukannya sendirian tanpa keterlibatan masyarakat. Oleh sebab itu hal ini penting kemudian untuk disadari oleh semua warga masyarakat yang hidup di wilayah NTB. Jika seluruh lapisan dan elemen masyarakat bersama dengan pemerintah saling bergandengan tangan, sebesar apapun visi yang hendak dicapai pastinya akan lebih mudah untuk.diwujudkan. 

TGB (panggilan akrab gubernur NTB) begitu menyadari, bahwa untuk menuju pada era yang jauh lebih baik, permasalahan mendasar yang harus segera diselesaikan adalah persoalan Sumber Daya Manusia (SDM). Menyelesaikan masalah-masalah pendidikan demi mewujudkan masyarakat yang lebih bermutu dan mampu bersaing dalam kancah Nasional ataupun Internasional. Karena jelas bahwa saat in masyarakat global telah memasuki eranya yang baru. Di mana informasi dan teknologi berkembang dengan begitu cepat dan menuntut adanya inovasi. Oleh sebab itu masyarakat NTB perlu untuk mempersiapkan dirinya menatap zaman. Masyarakat harus mempersiapkannya sejak usia dini, demi lahirnya generasi-generasi yang mampu membawa NTB pada ruang lebih baik. Saat ini masyarakat perlu didorong untuk meningkatkan kualitas pendidikannya demi munculnya kesadaran akan nilai hidup dan berubahnya pola pikir menjadi lebih baik. Tanpa itu tentu saja, sasaran atau target capaian dari pembangunan tentu akan sangat sulit diwujudkan. 

 

Baca Juga :


Berbagai prestasi yang saat ini dicapai, adalah sesuatu yang patut disyukuri bersama. Selain itu berbagai prestasi itu haruslah mampu menjadi motivasi dalam pencapaian visi. Kepercayaan diri bahwa "NTB mampu" adalah modal besar untuk terus melangkah dan menunjukkan kepada dunia global, bahwa wilayah ini memang patut dan pantas untuk diperhitungkan. Bahwa tidak ada yang tidak mungkin untuk dicapai dengan optimisme dan kerja keras. 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan