logoblog

Cari

Tutup Iklan

Jernihkan Pikiran Lewat Tulisan

Jernihkan Pikiran Lewat Tulisan

Banyak manfaat yang bisa kita rasakan dalam menulis. Tulisan bagaikan senjata (pistol). Senjata tersebut akan bermanfaat jika digunakan oleh orang yang

Opini/Artikel

alimuddin
Oleh alimuddin
16 Desember, 2017 18:10:07
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 5789 Kali

Banyak manfaat yang bisa kita rasakan dalam menulis. Tulisan bagaikan senjata (pistol). Senjata tersebut akan bermanfaat jika digunakan oleh orang yang baik dan senjata juga bisa menjadi malapetaka jika digunakan oleh orang-orang jahat. Begitu pula dengan sebuah tulisan.

Menulis di media masa seperti artikel atau opini dan lainnya memiliki manfaat yang sangat banyak. Seperti halnya beberapa penulis yang sering menulis di kampung media.  Kampung media yang merupakan portal pewarta warga khususnya masyarakat yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tak disangka beberapa kali saya mengirim tulisan di portal kampung media juga membuahkan hasil yang sebelumnya tidak pernah saya harapkan dan bayangkan.

Berawal dari ingin menginformasinkan kegiatan yang ada di desa, pada tahun 2011 saya coba untuk membuat blog pribadi yang bertujuan untuk menginformasikan, dokumentasikan kegiatan-kegiatan atau fenomena dan juga kejadian yang ada di desa tempat saya tinggal. Dengan berjalanya waktu, meskit tidak ada dukungan dan suppor dari manapun dan minimnya fasilitas yang dimiliki bukan menjadi alasan untuk tidak menyampaikan informasi yang ada di desa minimal untuk mengasah keterampilan dalam hal menulis.

Baru pada tahun 2016 tepatnya bulan Agustus, ada seorang teman memperkenalkan dengan sebuat portal yang bernama kampung media, tidak ada niat lainya, sama halnya dengan awal pembuatan blog pribadi tadi untuk penyebarluasan informasi yang ada di desa. Karena banyaknya pembaca di tulisan pertama mencapai 1000 pembaca menambah semagat untuk mulai menulis meski kadang kembang kempis.

Tak disangka ternyata tulisan yang selama ini dimuat di portal kampung media sangat dihargai, ini terbukti pada awal Desember saya mendapat undangan untuk menghadiri acara jambore kampung media yang diselenggarakan oleh Dikominfotik Provinsi NTB di Hotel Astoria Mataram. Kegiatan tersebut di ikuti oleh kordinator kampung media di tiap-tiap daerah yang ada di Provinsi NTB. Selain 35 Komunitas Kampung Media yang di undang ada juga 17 peserta perseorangan lainnya yang ikut di undang. Dan pada malam harinya di rangkekan dengan malam penganugerahan. Pada saat dibacakan ternyata tulisan yang pernah saya tulis dengan  judul “Idris Penyelamat Mata Air” mendapat anugerah sebagai tulisan sosok inspiratif.  

Manfaat Menulis

 

Baca Juga :


Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan menulis yaitu dapat menjernihkan pikiran. Menulis apa yang menjadi gagasan, ide dan juga mencurahkan rasa hati yang sedang dialami. Memang ada beberapa cara untuk menuangkan ide, gagasan dan curahan hati bisa lewat interaksi ngerumpi dengan teman atau juga tetangga yang biasa disebut degan kebiasaan bertutur. Apa yang menjadi tuturan kita tadinya akan menguap dimakan waktu.

Beda halnya dengan menulis, dengan kita menulis apa yang menjadi ide, gagasan tadi dapat selain dapat menjernihkan pikiran, juga bisa diabadikan dalam bentuk tulisan dan dapat dibaca oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun.

Selain menjernihkan pikiran, menulis juga bisa melatih empati seseorang untuk lebih peka terhadap lingkungan yang ada disekitarnya. Dan juga mendapat kepuasan tersendiri saat tulisan dibaca dan mendapat penghargaan.

Banyak manfaat yang bisa dirasakan, seperti kepuasan batin, nama dikenal, dan terkadang mendapat honor. Dan yang terpenting adalah bisa memberikan manfaat kepada orang lain. []



 
alimuddin

alimuddin

Alimuddin, tinggal di Desa Benete Kecamatan Maluk. Desa yang akan menjadi Kawasan Industri di Kabupaten Sumbawa Barat. Bagi yang ingin berbagai pengalaman mengenai tulisan bisa di WA 081337306353

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan