logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kampung Media “Menggoda”  Nusantara

Kampung Media “Menggoda”  Nusantara

Kabar Sembalun (12/12/2017) – Komunitas dicanangkan pada bulan april 2008 itu kian hari semakin besar dan memancarkan aura positifnya dan menggoda

Opini/Artikel

KABAR Sembalun
Oleh KABAR Sembalun
12 Desember, 2017 10:45:27
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 4401 Kali

Kabar Sembalun (12/12/2017) – Komunitas dicanangkan pada bulan april 2008 itu, kian hari semakin besar dan memancarkan aura positifnya dan menggoda siapapun yang menglihatnya. Komuntas berbagi informasi  yang terkahir dari buah diskusi-diskusi Bapak Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Tri Budi Prayitno dengan Bapak Fairus abadi, ketika pada waktu itu Fairus Abadi menjadi pejabat DISHUBKOMINFO NTB.

Kampung Media yang dulunya bernama TEKAT (Teknologi Kampung Digital) itu tidak lepas dari perjuangan orang-orang yang berada di dalamnya yang ingim mengembangkan sebuah inovasi teknologi yang mampu mengerakan warga NTB. Sementara dikala itu, Gubenur Nusa Tenggara Barat TGB terus “menantang” seluruh SKPD untuk memastikan adanya inovasi-inovasi terbarunya, kesempatan inilah yang tidak disia-siakan oleh Dishubminfo NTB yang diwakili oleh bapak Fairus Abadi untuk memaparkan gagasannya yang ia yakini mampu berdanpak besar untuk provinsi NTB.

Untuk menjadi hal yang besar, Kampung Media tidak secara mudah langsung meraih apa yang di inginkan . Dalam Rentang tiga tahun pertama bapak Fairus Abadi luamayan terngah-ngah.  Diskusi terus dilakukan oleh pak Farus dengan pak Tri Budi Prayitno, waktu itu pak Tribudi masih tugas di Bapeda, masa  ini dukungan memang sangat minim akibat belum mengerti apa mengenai kampunng media ,

Pada tahun 2013 yang lalu, kampung media terus berjalan dengan dukungan dibawah bapak Ridwansyah selaku kepala dinas Hubminfo NTB waktu itu, hingga per Desember 2017 anggota komunitas kampung media sejumlah 2015 orang  dengan jumlah personil/member 5966 orang.

Pada bulan Januari  2014 kampung media pertama dibuka pertama terbuka untuk umum, dan dengan tidak terduka disini titik adanya tanda tanda kampung media mulai membesar. Kunjungan pada website kampung media sangat dahsyat dan anggota kampung media semakin hari kian bertambah. Sehingga pada awal bulan april 2014 portal kampung media membanjiri informasi tentang NTB di dunia maya baik tentang wisata, ekononi, infrastruktur dan lain nya hingga berdampak banyak orang tertarik untuk datang ke NTB.

Kampung media semakin hari kian “mengoda” Jika dilihat dari data google statatistik 2017 Kampung media telah dikunjungi oleh 47,16 % itu berasal dari luar NTB dan 22 % dari dalam  luar negeri dan 30,84 %  dari dalam NTB. Maka wajarlah jika kampung mendapat apresiasi dan kepercaya sangat luar biasa untuk menjadi salah satu inspirasi di luar daerah, salah satunya yang secara gamlang mengapresiasi kampunng media di daerah Sumatra selatan,  maka dengan demikian tinggal selangkah lagi kampung media akan menjadi program nasional

Ditengah masyarakat NTB yang kurangnya memiliki mengapresisi sebuah inovasi yang diciptakan oleh teman sendiri, justru apresiasi itu datang dari unit unit kerja yang ada diluar NTB.  Bayangkan secara tiba-tiba Bapak Rudiantara Selaku Menteri Menkiminfo 16 Januari 2017 lalu secara tiba-tiba datang ke NTB hanya ingin mengunjungi kampung media, tentu ia berharap kampung media akan muncul di daerah daerah lainnyan.

 

Baca Juga :


Beriringan dengan perjalanan waktu, kampung media semakin hari semakin bersolek hingga kertarikan ketertarikan terus terlihat pada kampung media tersebut, tentu ini berdanpak langsung kepada orang-orang di dalam kampung media tersebut, contoh kecil  bapak Fairus Abadi selalaku Kepala kampung media mendapat berbagai penghargaan atas prestasinya, hingga pada April 2014 kampung media menjadi salah satu Top 9 Inovasi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh kemenpan, hinga berbagai kesempatan dapat dirasakan seperti halnya  study tour ke Australia dan korea selatan.

Tidak hanya itu apresiasi apresiapun terus bermunculan salah satunya datang dari Gubunur Nusa Tenggara Barat Bapak M. Zainul Majdi, MA  dalam pesan WA untuk waga kampung media dalam anugrah kampung media 2017.

“Merekalah anak kampung media, anak-anak NTB yang sejati, teruslah berkarya lillahitaala, semoga NTB selalu terjaga dan membawa kebanggaan untuk kita semua, salam salam untuk teman-teman kampung media.”

Sebelumnya juga beliau pernah meaprisasi kampung media pada  kesempatan anungrah kampung media di tahun 2016 lalu, belia (gubenur)  mengatakan bahawa satu satunya program inovasi yang kemudia bisa ajak, ril sukses, tahun ketahun bisa menujukan tren Jika dibandingkan dengan begitu banyaknya program yang telah ada adalah kampung media. 

Mengingat tahun yang akan datang merupakan tahun ke 10 keberadaan dari kampung media, unuk memasuki tahun 2019 kampung media akan masuk pada masa tahap kemandirian, dimana warga kampung media bersama-sama mengembangkan eksistensi kampung media itu secara mandiri.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan