logoblog

Cari

Tutup Iklan

Jangan Pernah Merendahkan Orang Desa

Jangan Pernah Merendahkan Orang Desa

KM. Sukamulia – “Jangan Pernah Merendahkan Orang Desa sebab orang-orang desa yang tinggal di pelosok sana terkadang lebih giat menyampaikan informasi

Opini/Artikel

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
11 Desember, 2017 21:51:08
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 3682 Kali

KM. Sukamulia – “Jangan Pernah Merendahkan Orang Desa sebab orang-orang desa yang tinggal di pelosok sana terkadang lebih giat menyampaikan informasi tentang diri mereka, tentang kambing dan sawah ladang mereka, tentang potensi-potensi yang ada di desa mereka dan sebagainya”, demikian penggalan kalimat motivasi yang diucapkan oleh Fairuz Abadi (Kepala Kampung Media NTB) pada saat membacakan pengumuman nama-nama Pemenang Anugerah Kampung Media 2017 yang diselenggarakan di Lombok Astoria Hotel pada Sabtu malam, 09 Desember 2017.

Kalimat motivasi yang disampaikan oleh Fairuz Abadi di depan segenap hadirin yang menghadiri Malam Anugerah Kampung Media 2017. Kiranya kalimat tersebut tidaklah berlebihan sebab selama ini tidak jarang ditemukan orang-orang kota yang menilai orang-orang desa lebih rendah dari pada mereka dan tau banyak juga orang-orang desa yang merasa dirinya lebih rendah dari orang-orang kota sebab ia merasa bahwa orang-orang kota berkehidupan lebih intelektual, lebih berpretasi, lebih merwah dan atau berstrata lebih tinggi dari pada mereka.

Ucapan Kepala Kampung Media yang bermoto Jenaka Tapi Bermakna itu terbukti dengan banyaknya warga Kampung Media yang tinggal di daerah pelosok lebih rajin menulis dan menyebarkan informasi bermanfaat melalui halaman blog Kampung Media yang dikelolanya. Bahkan jika dibandingkan, eksistensi menulis warga Kampung Media yang berasal dari daera-daerah pedesanaan dan pelosok lebih tinggi jika dibandingkan dengan eskistensi warga Kampung Media yang tinggal di wilayah perkotaan.

Dan pada Anugerah Kampung Media Tahun 2017 ini, sebagian besar Tropi Anugerah Kampung Media didapatkan oleh warga Kampung Media yang berasal dari wilayah pelosok, misalnya KM. Sajang Bawak Nao yang memperoleh Anugerah Penulis Terbaik Bidang Sosial Keagamaan, KM. Pohgading Timur yang mendapatkan Anugerah Penulis Terbaik Bidang Kesehatan, KM. Sukamulia yang mendapatkan Anugerah Penulis Terbaik Bidang Inprastruktur dan Pangkat Ali yang mendapatkan Anugerah Penulis Terbaik Bidang Pelayanan Publik. Ketiga pengelola blog Kampung Media tersebut merupakan warga NTB yang tinggal di daerah pelosok Pulau Lombok Timur, demikian juga dengan Pangkat Ali yang merupakan warga NTB yang tinggal di pelosok Lombok Tengah.

Bukan hanya itu, secara umum warga desa memiliki peranan yang sangat penting bagi keberlangsungan perekonomian suatu daerah pemerintahan atau negara. Maju atau tidaknya suatu daerah atau negara terletak pada punggung orang-orang desa. Orang-orang desa yang setiap harinya menggarap sawah, kebun dan ladang, menaklukkan lautan, bercinta dengan hewan ternak dan sebagainya merupakan tulang punggung daerah dan negaranya. Sector agrarian, nelayan, industry kecil dan sector pariwisata merupakan sector utama yang menjadi sumber pendapatan suatu daerah dan banga. Semua sector itu sebagian besar berada di desa dan dikelola oleh orang desa.

Kemudain, Kampung Media mucul sebagai sarana bagi mereka (orang-orang) desa untuk menceritakan seluk beluk kehidupan mereka, potensi desa mereka, keindahan alam kampung halaman mereka dan lain sebagainya sebab media massa seperi koran, televise dan sejenisnya jarang sekali bahkan tidak pernah memberitakan potensi yang mereka punya yang padahal potensi itu memiliki peranan penting bagi keberlangsungan pembangunan daerahnya.

 

Baca Juga :


Kami selaku orang-orang desa sangat bersyukur atas kebaradaan Kampung Media yang memberikan kami kesempatan untuk menceritakan apa saja potensi yang ada di sekitar kami dan mengembangkan karya-karya kecil yang kami miliki. Melalui Kampung Media kami bercerita mengenai potensi diri dan daerah kami sehingga diketahui oleh pemerintah dan memberikan kemudahan bagi mereka untuk menyusun program pembangunan jangka menengah dan jangka panjang.

Cerita-cerita kami juga dikenal oleh duni sehingga mereka dikunjungi dan tentunya itu memberikan keuntungan bagi kami pada khusunya dan pemerintah daerah dan RI pada umumnya. Dengan demikian, tidak salah kiranya jika Kampung Media dijadikan sebagai program unggulan Pemerintah NTB yang kini sudah dijadikan sebagai acuan oleh Pemerintah-Pemerintah Daerah lain.

Sungguh, Kampung Media adalah media informasi yang memberitakan berita-berita kampung yang tidak kampungan, penulisnya juga anak-anak kampung yang tidak kampungan dengan gaya bercerita mereka yang tidak kampungan pula. Yach, Jangan Meremehkan Orang Desa sebab mereka memiliki potensi yang besar bagi pembangun daerah dan bangsanya, terutama orang-orang desa yang ada di NTB yang tergabung sebagai warga Kampung Media NTB. Dan tidak salah jika Gubernur NTB berkata, “Mereka adalah Anak-Anak NTB yang Sejati”, sebagaimana salam hormat yang beliau sampaikan via WA melalui Kepala Kominfo NTB dan itu disampaikan pada awal acara Anugerah Kampung Media 2017.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan