logoblog

Cari

Tutup Iklan

5000 Kades Se-Indonesia Akan "Menyerbu" NTB

5000 Kades Se-Indonesia Akan

Saat ini Semua mata tertuju ke Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Komisi Informasi (KI) Provinsi NTB besok, Selasa (28/11)

Opini/Artikel

KM LENGGE
Oleh KM LENGGE
27 November, 2017 15:43:20
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 5001 Kali

Saat ini Semua mata tertuju ke Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Komisi Informasi (KI) Provinsi NTB besok, Selasa (28/11) akan menggelar sebuah kegiatan spektakuler berskala Nasional yang bertajuk Festival Desa Benderang Informasi Publik (DBiP) Nasional 2017 di Hotel Lombok Raya dan Hall Islamic Center Mataram.

Melalui Wakil Ketua Komisi Informasi NTB, Najamudin Amy, S.Sos di secretariat KI mengajak seluruh masyarakat NTB untuk menyukseskan penyelenggaraan Festival yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia .

Ditemani oleh Komisioner KI NTB yang lain seperti L. Busyairi, H. Zaini, Hendriadi dan dari Kesekratiatan Tarmidzi, S.Kom mengungkapkan rangkian acara yang akan di gelar dari kegiatan pembukaan, Selasa 28 November hingga Kamis 30 November 2017.

Rangkian acara Festival DBiP KI NTB, pada hari Selasa (28/11) prosesi acara pembukaan yang rencanyan akan dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan dihadiri oleh Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kominfo RI.  Kemudian KI NTB akan melakukan penandatanganan MoU KI NTB dan Polda NTB mengenai Keterbukaan Informasi.

Selanjutnya pada hari itu juga, dilanjutkan dengan Sambung Rasa dengtan 5000 Kepala Desa se-Indonesia bersama Menkominfo dan pejabat pusat yang dirangkai dengan acara sesi Tanya jawab dan diskusi

Usai kegiatan Sambung Rasa kemudian dilanjutkan acara Lomba Cerdas tangkasKIP yang mengkompetisikan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan antara PPID Desa terkait Keterbukaan Informasi Publik. Pokok materi yang dilombakan UU No. 14 tentang keterbukaan Informasi Publik

Kemudian pada Selasa Siang, akan di ramaikan dengan Gelar Budaya KIP yang mengusung tema, membudayakan Keterbukaan Informasi dari Desa. Kegiatan yang satu ini akan menampilkan seni music tradisional daerah dimana nyanyiannya berisi informasi tentang keterbukaan public, pelayanan informasi desa dengan menggunakan pakian adat masin-masing daerah. Delegasi kesenian ini berasal dari 16 Desa  Model DBip Se-NTB.

 

Baca Juga :


Pada Hari Rabu (29/11)  dilanjutkan dengan Seminar Nasional pada 29 Nopember tema “Menurunkan Angka Kemiskinan Melalui Penerapan Pemerintah Terbuka”, dilaksanakan di Hall Islamic Center. Kemudian lanjutan

Kegiatan Cerdas Tangkas yang akan diikuti oleh perwakilan desa peserta pada tanggal 28-30 Nopember dan Gelar Budaya pada tanggal 30 Desember.

Kegiatan DBiP akan diikuti oleh Kepala Desa dari seluruh Provinsi se-Indonesia dengan kelompok peserta yang terdiri dari Komisi Informasi Pusat, Komisi Informasi Provinsi/Kabupaten/Kota, Diskominfotik, Dinas Pemberdayaan Pemerintah dan Masyarakat Desa, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Keagamaan, Organisasi Pemuda, Organisasi Perempuan, Perguruan Tinggi negeri/Swasta, Mahasiswa, Organisasi Pemuda, Asosiasi Perangkat Desa, Asosiasi Kepala Desa, OPD Lingkup Provinsi NTB, PPID Utama Provinsi NTB, Pemkab/Pemkot se-NTB, Tokoh mayarakat NTB, PPID Utama Kabupaten/Kota se-NTB.

Najamudin juga mengungkapkan bahwa tujuan di adakan Festival DBiP untuk mengkampanyekan keterbukaan informasi publik di masing-masing desa. Kita berharap Keterbukaan informasi bisa sampai ke masyarakat yang ada di desa-desa.

Najamudin mengajak “Mari kita sukseskan Festival Desa Benderang Informasi Publik, karena akan membawa serta harumkan nama baik NTB di Indonesia,”  (Efan)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan