logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kini Pahlawan Nasional Indonesia Berjumlah 173 Orang

Kini Pahlawan Nasional Indonesia Berjumlah 173 Orang

KM TNC.Sehari setelah menggelar pernikahan putrinya di Solo, Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo langsung bekerja seperti biasa. Ia memimpin upacara penganugerahan

Opini/Artikel

KM. Tembe Nggoli
Oleh KM. Tembe Nggoli
12 November, 2017 10:25:03
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 7847 Kali

KM TNC.Sehari setelah menggelar pernikahan putrinya di Solo, Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo langsung bekerja seperti biasa. Ia memimpin upacara penganugerahan gelar Pahlawan Nasional Tahun 2017 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (9/11).

Penganugerahan gelar pahlawan itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 115 TK Tahun 2017 tanggal 6 November 2017 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional. Keempat tokoh yang mendapat gelar pahlawan berasal dari empat provinsi yang berbeda. Mereka ialah, TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid (Nusa Tenggara Barat), Laksamana Malahayati (Aceh), Sultan Mahmud Riayat Syah (Kepulauan Riau) dan Lafran Pane (DIY).

Semua plakat tanda jasa dan penghargaan gelar pahlawan nasional diberikan oleh Presiden Jokowi kepada para ahli waris yang hadir dalam upacara tersebut. Sebelum menyerahkan plakat, Jokowi memimpin mengheningkan cipta. Wapres Jusuf Kalla, para menteri Kabinet Kerja, dan tokoh nasional lainnya turut hadir.

Laksamana Malahayati atau Keumalahayati merupakan panglima perang Kesultanan Aceh yang mampu menaklukkan armada angkatan laut Belanda dan Portugis pada abad ke-16.Ia diusulkan Kongres Wanita Indonesia (Kowani).

Sementara itu, Lafran Pane, selain pendiri HMI, pernah menjadi tokoh muda perintis kemerdekaan. Adapun Zainuddin Abdul Madjid merupakan pendiri ormas Islam terbesar di NTB Nahdlatul Wathan. Gelar Tuan Guru yang diberikan kepadanya merupakan gelar bagi para pemimipin agama di provinsi NTB atau kalau di Pulau Jawa kerap disebut dengan Kyai. Sedangkan Sultan Mahmud Riayat Syah adalah sosok yang konsisten melawan penjajahan Belanda di Tanjungpinang.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, mengatakan penganugerahan keempat pahlawan nasional membuat jumlah Pahlawan Nasional Indonesia saat ini berjumlah 173 orang yang terdiri dari 160 laki-laki dan 13 perempuan.

 

Baca Juga :


Khofifah menjelaskan Pahlawan nasional adalah gelar yang diberikan pemerintah kepada seorang Warga Negara Indonesia yang semasa hidupnya melakukan tindak kepahlawanan dan berjasa luar biasa bagi kepentingan bangsa dan negara yang semasa hidupnya tanpa cela. "Mereka yang menyandang gelar pahlawan nasional tidak hanya yang berjasa di medan perang tapi juga di bidang lain yang gaung dan manfaatnya dirasakan secara nasional," terangnya.

Kepala Biro Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Sekretariat Militer Presiden Laksma TNI Imam Suprayitno mengatakan, penganugerahan gelar pahlawan nasional tersebut memperhatikan petunjuk Presiden RI sesuai usulan dari Kementerian Sosial mengenai permohonan pemberian gelar pahlawan nasional. Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan sendiri dalam menjalankan tugasnya berpedoman pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009. (OL-6)-MI.

sumber: Abunawar Bima



 
KM. Tembe Nggoli

KM. Tembe Nggoli

Tembe Nggoli Community (TNC) Anggota Alamsyah (alamsyah_km@yahoo.com) Hp. 081237986726/ akun pribadi (Alamsyah) Facebook : Alamsyah KM/ twitter : @AlamsyahCS Alamat : Jl Sawo Kel Rabangodu Utara Kec Raba Kota Bima - NTB

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan