logoblog

Cari

Tutup Iklan

Seputar Pembuatan Film Pendek Oleh Siswa SMK Al-Majidiyah Nahdlatul Wathan Kesik

Seputar Pembuatan Film Pendek Oleh Siswa SMK Al-Majidiyah Nahdlatul Wathan Kesik

  FauzanAzima- Pengertian Hoax – Kata “Hoax” seringkali kita dengar belakangan ini baik melalui internet, televisi maupun dari media social lainnya. Bagi pembaca

Opini/Artikel

Fauzan Azima
Oleh Fauzan Azima
06 November, 2017 17:10:08
Opini/Artikel
Komentar: 2
Dibaca: 1489 Kali

 

FauzanAzima- Pengertian Hoax – Kata “Hoax” seringkali kita dengar belakangan ini baik melalui internet, televisi maupun dari media social lainnya. Bagi pembaca yang belum mengetahui pengertian Hoax, sebaiknya untuk menyimaknya dibawah ini.

Hoax : (dibaca : Hoks) berasal dari bahasa Inggris yang artinya tipuan, menipu, berita bohong, berita palsu dan kabar burung.

Jadi ”Hoax” dapat diartikan sebagai ketidakbenaran suatu informasi.

Menurut Wikipedia, Hoax merupakan sebuah pemberitaan palsu yakni sebuah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca dan pendengarnya agar mempercayai sesuatu.

Biasanya seorang yang menyebarkan berita hoax secara sadar melakukan suatu kebohongan dan menyebarkan informasi yang tidak benar.

Hal ini bertujuan menggiring opini dan kemudian membentuk persepsi terhadap suatu informasi.

Sekarang ini Hoax cukup erat kaitanya pada isu politik. Biasanya ini dilakukan untuk menyebarkan rumor agar menguntungkan pihak tertentu. Namun tak jarang hoax ditemukan pada kasus-kasus lain.

Asal Usul Kata Hoax

Banyak situs yang menyebutkan bahwa kata Hoax pertama kali digunakan oleh para netizen berkebangsaan Amerika. Ini mengacu pada sebuah judul film “The Hoax” pada tahun 2006 yang disutradarai oleh Lasse Hallstrom.

Film ini dinilai mengandung banyak kebohongan, sejak saat itu istilah ”hoax” muncul setiap kali ada sebuah pemberitaan palsu.

Sedangkan menurut Robert Nares, kata Hoax muncul sejak abad 18 yang merupakan kata lain dari “hocus” yakni permainan sulap.

 

Baca Juga :


Terlepas dari asal usul kata tersebut saat ini banyak media pemberitaan yang menyebarkan hoax atau pemberitaan palsu. Sebagai netizen yang baik diharapkan agar lebih selektif dan berhati-hati akan segala informasi yang tersebar.

Seperti halnya orang film yang saat membuat film membutuhkan persiapan, yaitu  mulai dari persiapan alat, pemain dan lain sebagainya.Begitu juga dengan penulis dan kawan – kawan  di SMK Al - Majidiyah Nahdlatul Wathan Kesik juga membutuhkan persiapan  untuk membuat film. Walaupun film yang akan di buat hanya film pendek, yang bertemakan “ Remaja Menolak Hoax “ namun itu juga butuh persiapan dalam pembuatanya, dalam persiapan penulis dan kawan – kawan menemukan banyak sekali masalah, halangan, rintangan yaitu seperti kekurangan pemain, alat dan lain – lain, Karena jujur saja jika penulis mengandalkan sekolah untuk tempat meminjam alat- alat, tempat penulis dan kawan – kawan  bersekolah adalah sekolah swasta yang baru berdiri beberapa tahun yang lalu dan memiliki sarana dan alat yang masih bisa di bilang kurang memadai untuk mendukung kegiatan seperti yang akan di lakukan penulis dan kawan – kawan. Namun Karena tekad penulis dan kawan kawan yang sudah bulat untuk membuat film sekaligus mengikuti lomba ( Lomba yang di adakan oleh KampungMedia.com ) Dalam Persiapan alat seperti kamera tripod dan lain – lain penulis dan kawan – kawan meminjam alat di beberapa orang guru yang lumayan dekat dengan siswa dan untuk persiapan skenario penulis dan kawan – kawan saling mengusulkan dan menyatukan hasil pemikiran kami menjadi satu supaya tidak terjadi korslet atau sakit hati nantinya pada penulis dan kawan – kawan, dan berikut adalah skenario Film Pendek SMK Al – Majidiyah Nahdlatul Wathan Kesik “ Menceritakan tentang beberapa orang siswa yang ingin mencari ketenangan jiwa selekas dari kegiatan sekolah yang cukup padat, dan memilih salah satu pantai di lombok timur yang lumayan di ketahui orang – orang yaitu pantai labuhan haji, setelah berangkat dan sampai di pantai labuhan haji, dan siswa – siswa tersebut mencari tempat rindang dan nyaman untuk tempat bersantai. Setelah bersantai – santai dan menikmati suasana sambil ngobrol – ngobrol tiba – tiba terjadi gempa yang lumayan besar yang membuat siswa – siswa tersebut kaget dan ketakutan, ketakutan semakin di tambah setelah datang sms dari nomer yang tidak di kenal ke salah satu hp siswa yang sedang bersantai yang berisi bahwa akan terjadi tsunami hari itu, siswa – siswa yang sedang bersantai – santai dan berjalan – jalan kaget dan berlari sambil ketakutan, namun ada salah satu siswa yang diam dan berfikir bahwa sms yang di kirimkan oleh nomer tak di kenal itu bisa jadi adalah orang iseng yang ingin menakuti orang – orang, setelah beberapa saat berfikir siswa ini langsung menenangkan teman – temannya yang berlarian dan menjelaskan bahwa sms yang di kirimkan orang tak di kenal itu belum tentu benar dan memberitahukan teman – temannya tidak boleh langsung mengshare atau menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya “

Ketika persiapan alat, pemain, skenario, pemilihan lokasi shooting dan lain – lain sudah selesai. Maka di mulailah pengambilan gambar di labuhan haji. Dan tanpa henti – hentinya masalah datang pada penulis dan kawan – kawannya mulai dari cuaca yang terus berubah – ubah, pekerjaan sekolah yang semakin menumpuk, dan kegiatan sekolah lain yang full satu minggu. Namun akhirnya penulis dan kawan- kawan memutuskan untuk memilih hari minggu yang kebetulan hari minggu itu libur salah satu kegiatan di sekolah penulis dan kawan – kawan.Masalah paling berat pada penulis dan kawan – kawan adalah dalam pengambilan gambar dan editing itu di karenakan penulis dan kawan – kawan baru pertama kali membuat video sehingga banyak adegan yang menurut sutradaranya kurang pas terus di ulang sampai beberapa kali  bukan hanya adegan yang masih banyak kurang pas namun banyak perkataan yang di  luar skenario yang membuat semakin tersita waktu dalam pengambilan gambar dan  untuk masalah editing lumayan berat juga karenakan pengalaman editing video yang masih sangat sedikit namun al- hamdulilah karena teman – teman, keluarga dan guru yang terus support agar terus semangat sehingga jadilah videonya walaupun mungkin sangat banyak sekali kekurangan video yang di buat penulis dan kawan – kawan. Setelah masalah persiapan pembuatan telah selesai sekarang datang lagi masalah saat masalah pengupload an video yaitu masalah kuota yang tidak ada dan ingin penulis lewat sekolah namun koneksi wifi sekolah penulis sedang bermasalah. Sehingga penulis mengambil inisiatip untuk pergi ke rumah salah satu guru MTs penulis yang kebetulan mempunyai wifi di rumahnya untuk meminta tolong numpang upload video ke youtube dan al – hamdulilah guru MTs penulis memberikan izin dan terupload sudah video yang sudah di buat penulis dan kawan – kawan tinggal penyelesaian administrasi pendaftaran lomba yaitu pembuatan dekripsi pan di upload ke akun sosmed penulis dan beitulah Seputar Pembuatan Film Oleh Siswa SMK Al – Majidiyah Nahdlatul Wathan Kesik. Pesan dari penulis jadilah netizan atau pengguna sosmed yang bijak jangan cepat dan langsung percaya dengan berita yang belum tentu kebenarannya, karena kebijakan anda sebagai pengguna sosmed adalah sebuah nilai plus yang sangat berharga karena berarti anda telah meneladani ahlak rasul kita Rasulullah SAW yaitu dapat dipercaya.

Berikut Link Video penulis dan kawan – kawan

https://www.youtube.com/watch?v=qLTF_z1i4oQ

SEKIAN

Salam TAI dari Saya

FauzanAzima

#59thnNTB

#9thnTGB



 

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. KM Masbagik

    KM Masbagik

    07 November, 2017

    mntab mton


    1. Fauzan Azima

      Fauzan Azima

      08 November, 2017

      siapa dulu donk yang ngajak, hahha


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan