logoblog

Cari

Kami Cinta Tanah Air Indonesia

Kami Cinta Tanah Air Indonesia

Kami cinta tai Suatu pekerjaan tidak akan bisa di lakukan dengan baik dengan ikhlas, apabila tidak di sertai dengan ketulusan dan

Opini/Artikel

KM EMBUAN TULEN
Oleh KM EMBUAN TULEN
06 November, 2017 09:54:11
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 14184 Kali

Suatu pekerjaan tidak akan bisa di lakukan dengan baik dengan ikhlas, apabila tidak di sertai dengan ketulusan dan cinta. Dalam melakukan sebuah pekerjaan hendaknya kita mengetahui apa tujuan dari kegiatan tersebut dan manfaatnya bagi semua masyarakat.

Indonesia merupakan negara yang banyak akan sampah dan pencemaran lingkungan. Selain itu juga indonesia kekurangan akan adanya relawan yang melakukan gerakan atau kegiantan yang bergerak di bidang sosial khususnya pengelolaan sampah.

Di provensi nusa tenggara barat juga demikian, pertumbuhan sampah kian melonjak. Dengan demikian pemicu banjir sudah ada, nah sekarang bagaimana kita semua berperan aktif untuk selalu berpartisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan khususnya di kegiatan pungut sampah.

Di desa kesik, kecamatan masbagik bulan kemarin melakukan kegiatan kesik meriri. Kegiatan tersebut di selenggarakan dalam rangka bersih-bersih lingkungan desa. Kegiatan tersebut juga di pelopori oleh kkn tematik universitas mataram. Dan alhamdulillah kegiatan tersebut di selenggarakan dengan aman dan sukses.

Kegiatan tersebut juga di rangkaikan dengan perpisahan kkn tematik universitas mataram. Dalam hal ini kegiatan tersebut juga mendapat dukungan penuh dari kepala desa kesik beserta stafnya. Kegiatan ini, di ikuti oleh 1500 orang termasuk pemuda, ibu-ibu, anak-anak dan remaja.

Dalam kegitan kesik meriri ini, panitia beserta peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegitan ini, mampu mengumpulkan sampah sebanyak 35 karung dengan bobot setiap karung 8 kg. Kegiatan ini juga di hadiri oleh palang merah indonesia, yang melakukan kegitana donor darah di lingkungan kantor desa kesik.

Melalui kegiatan ini, kepala desa kesik sangat berterimakasih atas berjalannya kegiatan kesik meriri. Selain itu juga korps palang merah remaja yayasan al-majidiyah nw kesik juga ikut andil dalam melakukan kegiatan kemasyarakatan tersebut. Kesik meriri selain kegiatan pungut sampah juga memberikan hadiah kepada kelompok yang berhasil mengumpulkan sampah dengan banyak dan berbobot besar.

Kegitan ini memberikan dorprize kepada nomor undi yang beruntung. Dorprize tersebut terdiri dari handpone, hlm yamaha, baju jaket dan bayak lagi yang lainnya. Selama kegitan tersebut berlansung, ketua karang taruna desa kesik menghibur semua peserta kesik meriri dengan lantunan lagu-lagu rock, jaz dan reggae.

Selain itu juga palang merah indonesia mendapat banyak peserta donor darah yang meliputi unsur masyarakat, pemuda dan pemudi. Di akhir acara kesik meriri, palang merah indonesia mendapatkan stok darah sebanyak 350 kantong yang terdiri dari golongan A, B, AB dan O.

Dalam melakukan kegitan bersih-bersih hendakya desa mendukung penuh serta membuat epen-epen pungut sampah. Kegiatan juga harus meliputi komponen masyarakat, pemuda dan anggota karang taruna lebih-lebih korps palang merah remaja unit desa kesik.

Dalam lingkup desa, pertumbuhan dan perkembangan sampah sangatlah pesat. Jadi seharusnya lingkup desa juga harus membuat organisasi kelompok swadaya masyarakat (KSM). Insyaallah dengan adanya ksm ini, dapat membantu komponen masyarakat dalam melakukan kegiatan bersih-bersih khususya lingkungan desa.

Perlu kita sama-sama sadari bahwa kondisi negara kita yakni indonesia dalam keadaan kritis sampah. Hal inilah yang harus kita sama-sama pikirkan bagaimana cara kita agar kita semua tetap melakukan kegiatan pungut sampah. Setiap orang menginginkan kebersihan tetapi, marilah kita tanya kepada diri kita semua apakah ketika kita melihat sampah, kita akan memungutnya atau tidak?. Pasti semua jawaban itu tidak, karna kurangnya kesadaran kita semua akan berbahayanya sampah.

Bagi kami sampah merupakan semua sumber bencana, entah itu banjir, selokan tersumbat dan lain-lain. Jadi dalam hal ini marilah kita semua menjaga kebersihan khususnya di lingkungan rumah kita masing-masing sebab lingkungan pribadi harus di utamakan kebersihannya. Karna lingkungan tersebut ada keluarga yang selalu ingin dalam keadaan sehat wal-afiat.

 

Baca Juga :


Perlu kita ketahui bahwa indonesia bukanlah negara maju, melainkan indonesia adalah negara berkembang. Perbedaan negara maju dan negara berkembang adalah kalau negara maju, dengan modal aturan yang tertempel kecil di atas kertas yang di kenal dengan sebutan slogan saja, maka semua rakyatnya akan mematuhi aturan tersebut. Nah sekarang kita ke indonesia yang merupakan negara berkembang adalah kalau ada selogan tertempel seperti kata jangan buang sampah sembarangan maka selogan itu akan di biarkan saja dan tidak akan di lakukan dengan sadar hati.

Selain itu juga islam menganjurkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Kebersihan itu tidak dan tidak bukan untuk kita selalu beribadah dengan khusu’ kepada allah swt. Dan juga untuk mendapatkan kenyamanan dalam hidup rukun antar anggota keluarga.

Dalam pandangan islam rasulullah saw juga bersabda kebersihan itu adalah sebagian dari iman. Maksud hadist tersebut adalah rasulullah menyuruh kepada kita sebagai ummatnya untuk selalu menjaga kebersihan baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan umum.

Di desa masbagik selatan juga terdapat kelompok swadaya masyarakat, yang bergerak khusus di bidang kebersihan lingkungan dan khusunya pengolahan sampah. Dari ksm desa masbagik selatan tersebut, seharusnya bisa di contoh oleh desa-desa lain khususnya di provensi nusa tenggara barat.

Dalam bidang kebersihan lingkungan khususnya desa masbagik selatan, kelompok swadaya masyarakatnya berhasil membuat desa masbagik selatan menjadi tempat yang bersih, dan membuat taman-taman indah di pinggir jalan yakni jalan masbagik-selong. Ksm tersebut juga mendapat persetujuan dan dukungan penuh dari kepala dan staf desa masbagik selatan.

Dalam urusan keanggotaan, kelompok swadaya masyarakat desa masbagik selatan juga meliputi komponen pemuda. Yang terikut dalam kelompok hadroh. Hal ini yang menyebabkan komponen agama dan sosial tidak bisa di lepaskan. Adapun dalam komponen keagamaan adalah menghibur masyarakat dengan lantunan-lantunan sholawat yang merdu. Dan komponen sosial yakni ikut serta dalam membangun desa khususnya dalam bidang pemungutan sampah.

Kebersihan memang semua kita menginginkannya apalagi kebersiha itu selalu di jaga dengan ketulusan dari dalam hati. Kesadaran akan perlunya kita menjaga kebersihan masih kurang khususnya di negara tercinta kita ini. Kesadaran ini harus kita sama-sama pikirkan dan lakukan demi kenyamanan berbangsa dan bernegara.

Negara yang bersih itulah negara yang maju, tetapi indonesia negara yang berkembang artinya bahwa negara kita mengalami krisis kebersihan terutamanya bersih dari sampah. Baik sampah yang organik maupun yang tidak organik. Yang harus kita sama-sama pikirkan jalan keluarnya dan menjadikan negri ini bebas dari samapah.

Selain itu juga rasulullah saw bersabda cinta tanah air sebagian dari iman. Maksudnya adalah orang yang tidak cinta dan mau memperhatikan negaranya berarti iman seseorang itu kurang. Jadi saudara cinta tanah air harus kita lekatkan kepada diri kita semua, yang bertujuan untuk menjaga jeutuhan NKRI dan melindungi setiap jengkal dari daerah di bawah naungan nusantara dari bahaya sampah. Selain itu juga, segala sesuatu harus di kerjakan atas dasar cinta kepada yang akan kita lakukan itu. Jadi cinta adalah dasar untuk melakukan segala sesuatu yang akan menghasilkan hasil yang baik. Hal inilah yang mendasari kami mengangkat judul KAMI CINTA TAI.

By: AryCreating

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan