logoblog

Cari

Tutup Iklan

NTB Surga Wisata

NTB Surga Wisata

KM LENGGE,- Mendengar nama  pulau Lombok maka kita akan terbayang dengan aneka budaya, kuliner, obyek-obyek pariwisata, dan Pulau Seribu Mesjid. Pulau

Opini/Artikel

KM LENGGE
Oleh KM LENGGE
15 September, 2017 14:40:53
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 1832 Kali

KM LENGGE,- Mendengar nama  pulau Lombok maka kita akan terbayang dengan aneka budaya, kuliner, obyek-obyek pariwisata, dan Pulau Seribu Mesjid. Pulau Lombok merupakan pulau yang berada dalam gugusan pulau-pulau yang ada diwilayah administrasi propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Wilayah provinsi NTB di diami oleh tiga suku dengan bahasa, budaya,  yang  berbeda. Pulau Lombok berasal dari suku sasak, sementara Pulau Sumbawa di diami oleh 2 suku yaitu suku Samawa dan suku Mbojo (Bima).

Propinsi Nusa Tenggara Barat yang beribukota di Kota Mataram merupakan kota yang saat ini berkebang dengan pesat. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu, Memiliki dua  Universitas Negeri yaitu   Universitas Negeri Mataram dan IAN Mataram. DIsamping itu juuga beberapa kampus swasta ternama laiinya hadir di Ibu Kota Propinsi NTB.  Tidak salah kalau Kota Mataram yang berada di pulau Lombok dan Ibukota Propinsi NTB ini kita juluki Kota Pendidikan di NTB.

Disamping memiliki sekolah-sekolah dan kampus yang menjadi favorit tujuan pelajar-pelajar  di 8 Kabupaten dan 2 Kota yang ada diwilayah NTB untuk melanjutkan pendidikan. Tidak saja di Ibukota, diseluruh Kabupaten dan Kota di NTB pada dasawarsa tahun terakhir ini banyak sekolah atau pendididikan yang bertebaran di Propinsi NTB, jadi sekali lagi tidak salah kalau kita juluki lagi NTB sebagai Kota Pendidikan.

Itu tadi berbicara Pendidikan, Selanjutnya kita akan menyentuh pada aspek Sejarah, Budaya dan Bahasa. Dari Ujung Kota Ampenan Lombok Barat hingga ujung Timur Pulau Sumbawa  Kecamatan Sape Kabupaten Bima, maka kita akan berdecak kagum dengan aneka budaya di NTB ini. Di Bima, Dompu dan Sumbawa budaya dan adat istiadat masyarakatnya setiap wilayah berbeda karena dipengaruhi history sejarah. Bahkan dimasa lampau 3 wilayahnya ini Bima, Dompu dan Sumbawa memiliki system pemerintahan yang berbentuk Kerajaan hingga berubah menjadi Kesultanan, dan ketika bergabung dengan RI pada 1945 sistem itu berubah. Peninggalan sejarah yang ada dikesultanan Bima hingga sekarang tetap dipertahankan baik itu istana kerajaan (ASI) Mbojo yang telah dijadikan museum dan tradisi pengangkatan raja dan budaya yang masih dipertahankan sebagai budaya. Hal ini menjadi asset yang membanggakan NTB dari segi Budaya dan Pariwisata.

 

Baca Juga :


Menuju ke Pulau Lombok, maka tidak akan habis kita membicarakan Pulau dengan ikon “Pulau Seribu Mesjid” ini. Baik dari segi budaya, bahasa dan sejarahnya. Tapi kalau mengunjungi pulau Lombok maka kita akan disuguhi aneka kuliner yang menggunggah selera kita untuk berwisata kuliner. Kemudian yang tidak kalah pamornya adalah Pulau Lombok merupakan pulau yang menjadi surganya para wisatawan dalam negeri maupu luar negeri untuk menjajaki tempat-tempat wisatanyanya.

Propinsi Nusa Tenggara Barat adalah Kiblat Pariwisata dan Kuliner dunia saat ini. () 



 
KM LENGGE

KM LENGGE

KM Lengge Wawo Sekretariat : Jln Lintas Bima Sape KM 17 Komplek Lapangan Umum Wawo, Maria Utara Bima - Contac Person : 085338436666/085312521100 - Email : wawolengge@gmail.com - Koordinator : Edy Irfan Anggota : Galank, Ahyar, Benk, Jhuan

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan