Cari

Tutup Iklan

Opini/Artikel

Realitas Trend Hijab

Realitas Trend Hijab

Realitas Trend Hijab

Yeni Hardiyanti
Oleh Yeni Hardiyanti
05 Juni, 2017 10:34:59
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 756 Kali


Jilbab adalah kerudung lebar yang dipakai wanita muslimah untuk menutupi kepala, leher sampai dada. Pada dasarnya jilbab berfungsi untuk menutup seluruh anggota tubuh (aurat) kaum wanita muslimah,  karena jilbab merupakan  pelindung bagi wanita agar terhindar dari maksiat dan tidak diganggu kaum adam. Sebagaimana telah dijelaskan dalam al-qur’an surat al-ahzab ayat 183

“Hai Nabi katakanlah kepada istri-istri mu, anak-anak perempuanmu, dan isteri-isteri orang mukmin. “ Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu dan allah maha pengampun lagi maha penyayang.

Jilbab merupakan kata yang tidak asing lagi kita dengar saat ini, karena jilbab kini sedang ramai dipergunakan sebagai trend centre dunia fashion, Banyak terdapat model dan tipe-tipe hijab disuguhkan kepada kaum wanita muslimah untuk mempercantik diri dalam berpenampilan .

Jika diperhatikan realita zaman sekarang, banyak sekali kita lihat  kaum muslimah baik remaja maupun dewasa menggunakan jilbab dengan berbagai model, warna dan corak. Akan tetapi kebanyakan remaja zaman sekarang menggunakan jilbab hanya sebagai fashion saja. Adapaun wanita yang menggunakan jilbab hanya menutupui rambut saja sedangkan leher dan sebagaian lengan tidak ditutupi, adapula yang menggunakan jilbab namun memakai jilbab yang transparan dan pakaian yang ketat sehingga rambut dan lekuk tubuhnya tampak. Ini dikarenakan mereka menggunakan jilbab semata-mata bukan karena mengikuti perintah syari’at islam melainkan mengikuti trend-trend masa kini. 

Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu,  maraknya budaya-budaya luar yang masuk baik secara langsung maupun tidak langsung, seperti banyaknya tayangan televisi dan  media cetak yang terlalu mengarah ke mode-mode barat  yang dapat berpengaruh terhadap sikap dan tingkah laku berpakaian remaja yang berasumsi bahwa dunia barat adalah kiblat bagi kehidupan modernisasi, sehingga remaja-remaja banyak yang mengikuti gaya-gaya modernisasi barat agar terkesan tidak terlihat norak dan ketinggalan zaman. Selain faktor tersebut ada juga faktor lain yaitu,  lingkungan dan minimnya pengetahuan remaja terhadap nilai-nilai islam sehingga jilbab hanya dijadikan fashion  saja tidak lagi dijadikan sebagai penutup aurat sebagaimana dalam syari’at islam.

Trend memakai jilbab sangat berpengaruh dikalangan remaja, dimana zaman sekarang ini banyak sekali remaja yang menggunakan jilbab hanya sebagai mode dan fashion belaka saja, agar tidak terlihat norak, padahal Diindonesia ini sudah banyak sekali produksi mode-mode pakaian yang syar’i dengan berbagai warna, corak maupun model, dan tidak terlihat norak yang bisa digunakan  kaum wanita. [] - 05

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan