Cari

Tutup Iklan

Opini/Artikel

Behavior Puntik Nyelem

Behavior Puntik Nyelem

Behavior Puntik Nyelem

Hamdi
Oleh Hamdi
04 Juni, 2017 12:09:16
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 868 Kali


salah satu jajanan tradisional yang ada di lombok namanya "puntik nyelem" yang dibuat dari pisang yang sudah mateng, dicampur dengan tepung beras yang dicelupkan ke air yang sudah mendidih dan boleh dicampur pewarna sesuai dengan yang kita suka. jajanan ini salah satu makanan khas orang lombok, rasanya sangat enak, dan boleh dimakan oleh siapa saja, baik anak-anak yang masih kecil maupun yang sudah dewasa. pokoknya rugi kalau tidak pernah makan puntik nyelem. apalagi yang sedang liburan ke lombok.

karena berbicara tentang puntik nyelem tidak hanya tentang rasa, enak atau tidak. tapi lebih soal kebudayaan. apa yang disukai oleh suatu daerah menggambarkan tentang dirinya. kalau puntik nyelem bahan pokoknya puntik, maka itu artinya daerah itu banyak puntik atau pusing. puntik itu bahasa suku sasak lombok. allah menciptakan segala sesuatu tidak ada yang sia-sia, semua memiliki manfaat masing-masing bagi orang yang mau berfikir.

begitupun dengan puntik, bisa kita belajar kehidupan. didalam puntik tidak ada yang terbuang, mulai dari bungkil atau akarnya sampai daun, bisa dimanfaatkan, dan bisa dijual dengan harga yang mahal. dari penjelasan tentang puntik ini, kita bisa mengambil pelajaran. kita harus bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi banyak orang, baik dalam lisan apalagi dalam tindakan, seperti puntik. (HI) - 05



 

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan