logoblog

Cari

Liburan Sarjana Kelapa Kembali Kesawah

Liburan Sarjana Kelapa Kembali Kesawah

KM. Pohgading Timur – Seperti biasa setiap libur sekolah sarjana kelapa kembali kesawah dan membatu masyarakat yang ada di ksekitar, hal

Opini/Artikel

KM Pohgading Timur
Oleh KM Pohgading Timur
10 Januari, 2017 22:58:11
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 15540 Kali

KM. Pohgading Timur – Seperti biasa setiap libur sekolah sarjana kelapa kembali kesawah dan membatu masyarakat yang ada di ksekitar, hal yang biasa dilakukan oleh sarjana kelapa. Pada dasarnya sarjana kelapa adalah seorang petani yang tekun dan gigih membatu kedua orantuanya sebelum mereka menjadi para sarjana. Sarjana kelap menjadi panutan sejak dulu hingga sekarang, karena sarjana kelap sangat tekun membatu kedua orangtua dalam bertani dari sejak kecil sepulang sekolah mereka langsung di bawa kesawah oleh Alm Ayahandanya.

Para sarjana kelapa sanagat penurut atas apa yang yang dibilang oleh orang tuanya makanya sarjana kelapa ini menjadi panutan warga setempat. Mereka tidak gengsi walau menyandang gelar sarjana akan tetapi jika memiliki kesempatan di selah-selah mengajar anak-anak didiknya, mereka pasti meluangkan waktunya untuk membatu kedua orang tuanya dan kembali kesawah. Selain membatu oaring tua sarjana kelapa jiga membatu masyarakat sekitar dengan apa yang mereka mampu walau hanya memberi suatu penjelasan tentang tata cara bertananm dan bagaimana cara merawat tanaman yang masyarakat budidayakan di sawah pribadi mereka.

Selain itu sarjana kelapa memberikan pupuk organic baik padatan maupun pupuk organic sekaligus menjadi pestisida organik. Pupuk organik yang dibagikan masyarakat adalah pupuk organic yang mereka buat sendiri dengan ukuran yang banyak agar bisa untuk orang banyak pula. Pemberian pupuk organic padat dan pupuk organic cair yang sekaligus bisa berfungsi sebagai pestisida. Pupuk organic padatan dibuat dan digunakan pada saat pengolahan lahan pertanian yang masyarakat miliki. Penggunaan pupuk organic padatan pada saat pengolahan lahan dengan tujuan agar para petani kurang mengeluarkan biaya yang berlebihan. Sedangkan pupuk perawatannya sarjana kelapa membuatkan para petani dan memberikanya secara Cuma-Cuma saja.

Pupuk organic yang digunakan adalah pupuk organic cair multi fungsi yaitu pupuk organic sekaligius menjadi pestisida organic. Mengapa sarjana kelapa membuat pupuk organic yang multi fungsi agar para petani tidak terlalu capek dalam perawatan tanaman yang mereka budidayakan. Dari tahun 2014 samap saat ini allhamdulillah ada peningkatan hasil para petani dan pengurngan biaya juga produksi yang digunakan untuk merawat tanaman yang mereka budidayakan.

Melihat keberhasilan para petani yang semakin meningkat dan memuaskan, sarjana kelapa semakin semangat membatu masyarakat sekitar dengan ilmu yang dimilikinya walau sederhana namun sangat bermanfaat dan membuahkan hasil kepada dirinya dan orang sekitarnya, awalnya apa yang dikembangkan oleh sarjana kepala hanyalah sebagai ejekan bagi warga yang melihat sarjana kelapa membuat pupuk organic yang sekaligus bisa menjadi pestisida organic yang terbuat dari bahan yang sudah tidak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

 

Baca Juga :


Walau diejek dan dicemohin akan tetapi semua itu adalah motivasi yang sangat membangun bagi sarjana kelapa sampai akhirnya cemohan dan ejekan berubah menjadi tepuk tangan dan masyarakt setempat memulai menggunakan apa yang di produksi langsung olek sarjana kelapa. Semoga saja apa yang sudah diberikan kepada masyarakat setempat bisa bermanfaat dan bagi siapa yang mau menggunakan produksi sarjana kelapa silahkan dating kerumah dengan catatan membawa botol plastic sebgai wadah pupuk yang sekaligus bisa menjadi pestisida organic.

By: Badri_AsaProses Pembuatan Pupuk Organik Skaligus Menjadi Pestisida Organik () -03



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan