logoblog

Cari

Tutup Iklan

47,16% Pengunjung Kampung Media Dari Luar NTB

47,16% Pengunjung Kampung Media Dari Luar NTB

Catatan Dalam Angka Menginjak usia delapan tahun sejak diluncurkannya portal jurnalisme warga yang kita kenal sekarang ini dengan nama Kampung Media, perlahan

Opini/Artikel

Randal Patisamba
Oleh Randal Patisamba
19 Desember, 2016 22:52:30
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 11314 Kali

Catatan Dalam Angka

Menginjak usia delapan tahun sejak diluncurkannya portal jurnalisme warga yang kita kenal sekarang ini dengan nama Kampung Media, perlahan namun pasti mulai mensejajarkan diri dengan portal maupun media online sejenis.Tentunya proses yang telah dilalui penuh dinamika serta pasang surut mewarnai perjalanannya hingga bisa menjadi sebuah kebanggan yang dimiliki sekarang ini yang menjadi salahsatu program unggulan persembahan dari DISHUBKOMINFO Provinsi NTB. Beberapa prestasi telah ditorehkan oleh Kampung Media seperti  USO AWARD KEMENKOMINFO 2011 dan 9 TOP INOVASI NASIONAL 2014.

Selain itu Kampung Media juga telah diundang diberbagai acara dalam skala nasional maupun internasional sebagai narasumber yang dalam hal ini di wakili oleh Bapak Fairuz Abadi dalam kapasitasnya sebagai Bapak Kampung Media. Disamping itu juga telah dilaksanakan roadshow berupa sambung rasa ke berbagai komunitas di semua kabupaten/kota di wilayah NTB, yang merupakan kegiatan internal antara pengelola dengan komunitas yang ada. Roadshow Sambung Rasa merupakan agenda rutin sebagai bagian dari rangkain kegiatan pra jambore yang menjadi event tahunan Kampung Media.

Beberapa pencapaian yang patut dibanggakan telah diraih. Sejak delapan tahun silam,perkembangan dari segi topik artikel maupun pertumbuhan jumlah artikel, jumlah pengunjung serta jumlah anggota personal maupun secara komunitas yang mendaftarkan diri di portal Kampung Media terus meningkat. Data per 16 Desember 2016, saat ini sebanyak 211 komunitas telah mendaftarkan diri yang tersebar diwilayah NTB  dan 3.962 anggota yang mendaftar dengan akun pribadi (personal).

Berbagai tulisan telah di tuangkan oleh para jurnalis kampung dengan sangat menarik tentunya dengan gaya dan kekhasan mereka masing-masing. Tulisan tentang destinasi wisata yang tersebar di Lombok-Sumbawa telah menjadi referensi bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Begitu pula kisah-kisah inspiratif bidang pendidikan, ekonomi, lingkungan dari warga NTB, telah menginspirasi  seantero anak negeri. Tak ketinggalan tulisan-tulisan tentang sejarah, seni budaya hingga kuliner turut meramaikan laman portal Kampung Media.

Menurut Fani K- Bagian Riset dan Pengembangan Kampung Media, pada per 16 Deseber 2016 sejak diluncurkan delapan tahun lalu, sebanyak 25.574 artikel telah di posting oleh warga kampung yang kemudian di approve oleh admin ke halaman  portal Kampung Media, telah mampu menarik minat pengunjung sebanyak 35.501.084 kunjungan. Dengan rata-rata kunjungan 427.505 perbulannya dengan 6.539 komentar. 

Interaksi antar media sosial masih didominasi melalui twitter. Twitter impression sekitar 5000 twittan. Sementara melaui facebook sekitar 173 interaksi kiriman. Data ini belum jelas, apakah hanya berupa share postingan atau juga termasuk like dari para pengguna facebook. Adapun artikel yang paling diminati kurang lebih 966 artikel.

Menariknya, pengunjung portal Kampung Media justeru lebih banyak dari luar NTB. Jumlah pengunjung lokal hanya 11,53 %, sementara pengunjung dari seluruh Indonesia sekitar 47,16% dan yang lebih membanggakan lagi, jumlah pengunjung dari Inggris dan Amerika sejumlah 28,89% serta negara lainnya 12.42%. Artikel-artikel Kampung Media ternyata mampu menarik minat pengunjung dari berbagai negara.

 

Baca Juga :


Menurut data google per 16 Desember 2016,saat ini posisi portal Kampung Media bertengger di rangking 15.140 untuk skala Indonesia dan 720.951 secara global. Sebelumnya per 30 Oktober 2016 lalu masih bertengger diurutan 863.533 dari sekitar 27 juta website di seluruh dunia. Naik 142.582 peringkat secara cukup signifikan dari sebelumnya. Posisi ini terus mengalami kecenderungan peningkatan.

Dari sejumlah capaian berdasarkan data diatas, tentunya patutlah kita berbangga. Keberadaan Kampung Media perlahan namun pasti bisa sejajar dengan portal ataupun media berita online lainnya.

Namun hal yang paling penting dan perlu digaris bawahi bahwa semangat jurnalisme warga yang diusung oleh Kampung Media melalui kalimat-kalimat yang bermanfaat, kisah-kisah penuh inspirasi bidang ekonomi dan pendidikan maupun informasi  tentang destinasi wisata, sejarah dan budaya dari para kampungers,-meminjam istilah Bapak Gubernur NTB untuk para warga kampung-, telah mampu tersampaikan dan dinikmati oleh orang banyak di berbagai belahan dunia. Tak salah memang, seperti apa yang dikatakan oleh beliau, Bapak Dr.TGH.M. Zainul Majdi pada Malam Anugerah Kampung Media 6 Oktober 2016 lalu, "Kampung Media sudah menjadi prestasi NTB bahkan Indonesia". Maka sepatutnyalah kita berbangga menjadi warga kampung yang tidak kampungan di daerah bernama NTB yang Gemilang.

Dirgahayu NTB yang ke 58 Tahun 2016

Salam takzim dari kami para Kampung(ers)



 
Randal Patisamba

Randal Patisamba

Koordinator KM Rampak Nulang. Sekretaris komunitas pemerhati pariwisata ADVENTUROUS SUMBAWA Facebook: Randal Patisamba Instagram: @randalpatisamba Email: goranspatisamba@gmail.com

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan