logoblog

Cari

Tutup Iklan

Tujuh Tahun Perjalanan Kampung Media

Tujuh Tahun Perjalanan Kampung Media

Tulisan ini adalah refleksi tujuh tahun perjalanan Kampung Media NTB. Sejak dibentuk tahun 2009, program unggulan Provinsi Nusa Tenggara Barat ini

Opini/Artikel

alan malingi
Oleh alan malingi
27 November, 2016 04:33:10
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 5255 Kali

Tulisan ini adalah refleksi tujuh tahun perjalanan Kampung Media NTB. Sejak dibentuk tahun 2009, program unggulan Provinsi Nusa Tenggara Barat ini telah banyak menginsipirasi daerah-daerah lain di Indonesia dan bahkan di level Internasional. Kampung Media telah banyak mendapatkan penghargaan inovasi di tingkat nasional dan bahkan diapresiasi di Korea dan Australia. Hampir setiap bulan, provinsi lain melakukan study banding ke NTB untuk mempelajari konsep dan manajemen peneyebarluasan informasi Kampung Media.

Saya dan teman-teman yang bergabung dalam komunitas Kampung Media NTB adalah orang-orang kampung yang selalu menghabarkan apa saja tentang kampung. Informasi kami sederhana, lahir dari keinginan untuk menyuarakan apa saja yang ada di kampung. Ketika media lain menyiarkan tentang kehidupan selebriti, perdebatan para politisi, demonstrasi, BBM dan seabrek permasalahan sosial dan politik di negeri ini, kami tetap memperkuat halaman kampung dengan informasi tentang pedagang sayuran, si mata rabun yang sukses menjadi Hafizah, si bisu yang ulet dan ketua RT yang jadi panutan warganya. Kami yakin, masyarakat juga butuh informasi kampung yang mencerahkan sebagai sumber inspirasi. Selama 5 tahun terakhir, saya mendedikasikan tulisan-tulisan di kampung media untuk meretas jalan, menggapai asa bersama masyarakat kampung menyuguhkan informasi kampung yang tak kampungan.

Oleh-oleh dari JAMBORE Kampung Media NTB setiap tahun, alhamdulillah telah memotivasi semangat untuk terus menulis apa saja tentang kampung, terutama sejarah dan Budaya Bima. Berkat tulisan yang intens itu, saya dan KomunitasKampung Media Sarangge Kota Bima berhasil meraih Award sebagai penulis Headline terbanyak dan penulis Info kuliner terbanyak dan penulis inspiratif bidang kebudayaan.  Beberapa tahun terakhir, saya selalu mengupload informasi-informasi tentang kuliner Mbojo, informasi budaya dan sejarah serta kepariwisataan. Sebelumnya, pada tahun 2011, Sarangge juga dinobatkan sebagai The Most Active Blogger(Bologer paling aktif) di ajang Jambore Kampung Media NTB.

Tahun 2016, adalah tahun ke tujuh perjalanan kampung media NTB. Dan Jambore kampung Media 30 November 2016 merupakan Jambore penting dalam memantapkan langkah program Kampung Media menjadi unggulan NTB dan inspirasi bagi Indonesia Dan Dunia. Kini, program Kampung Media berada dalam satu perimpangan, dimana program ini akan dilepas mandiri tanpa biaya pemerintah. Dari tujuh tahun perjalanannya, kampung media NTB tentu telah banyak melahirkan penulis-penulis handal dalam berbagai bidang. Hal ini adalah peluang dan modal utama Kampung Media untuk Go Publik dan mandiri dengan sistim dan manajemen yang professional. Peralihan kampung Media menjadi KIM atau Kelompok Informasi Masyarakat juga menjadi peluang tersendiri bagi teman-teman kampung media untuk terus berkiprah dan termotivasi untuk menulis tentang apa saja yang ada di lingkungan masing-masing dan terus dikabarkan kepada dunia.

 

Baca Juga :


Saya ucapkan selamat juga kepada rekan-rekan komunitas Kampung Media se-NTB, baik yang mendapatkan penghargaan tahun ini maupun yang belum beruntung. Masih ada tahun -tahun yang membentang untuk kita terus berkompetisi mempersembahkan yang terbaik untun NTB dan Indonesia. Saya yakin dan percaya, sahabat-sahabat kampung adalah orang-orang yang peduli tentang keadaan sekitar. Teruslah menulis, teruslah berkarya. Karena tulisan-tulisan para sahabat akan menjadi sejarah dan tetap dikenang oleh Sang Zaman. () -01

 



 
alan malingi

alan malingi

blogger dan penulis asal Bima-NTB. Kontak : 08123734986-0811390858. Kunjungi juga www.bimasumbawa.com dan www.alanmalingi.wordpress.com.Facebook, WA, Twitter dan Instagram Alan Malingi.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan