logoblog

Cari

Warga Kampung Media Jadi Pemuda Pelopor

Warga Kampung Media Jadi Pemuda Pelopor

KM. Sukamulia – Berawal dari Kampung Media, Lalu Malik Hidayat mengenal saudara Badri (pengelola KM. Pohgading Timur). Saudara Badri adalah warga

Opini/Artikel

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
29 September, 2016 01:44:34
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 7602 Kali

KM. Sukamulia – Berawal dari Kampung Media, Lalu Malik Hidayat mengenal saudara Badri (pengelola KM. Pohgading Timur). Saudara Badri adalah warga Kampung Media yang focus dalam mempublikasikan informasi-informasi tentang Teknologi Tepat Guna dalam bidang kesehatan dan pertanian. Sering membaca Informasi-informasi yang dipublikasikan oleh saudara Badri lewat halaman KM. Pohgading Timur maka Ketua FKP4 Lotim (Lalu Malik Hidayat) tertarik untuk menjaring saudara Badri sebagai Bakal Calon Pemuda Pelopor Lotim dan setelah melalui berbagai tahapan seleksi maka saudara Badri bisa menjadi Pemuda Pelopor yang berkompetisi di tingkat nasional.

Inilah salah satu dari multiefek Kampung Media, yaaaa karena Kampung Media, saudara Badri ahirnya diberikan kesempatan untuk berkompetisi dalam penjaringan Pemuda Pelopor Nasional yang dilaksanakan setiap tahun oleh Kemepora. Bulan Mei 2016, Ketua FKP4 Lotim secara langsung meminta saudara Badri untuk ikut sebagai Bakal Calon Pemuda Pelopor dengan mengisi Formulir Calon Pemuda Pelopor Tingkat Kecamatan sebab beliau yakin bahwa salah satu dari berbagai informasi Teknologi Tepat Guna dalam bidang Kesehatan dan Pertanian yang sering ditulis di halaman blognya (KM. Pohgading Timur) memiliki potensi sebagai bidang kepeloporan.

Kesempatan itu tidak disia-siakan oleh saudara Badri dan ia-pun langsung mengisi dan mengumpulkan formulis tersebut dengan mengajukan Kepeloporan pada Bidang Teknologi Tepat Guna, yakni Pestisida dan Pupuk Organik Cair yang ia temukan dan kembangkan untuk membantu petani Sukamulia dan sekitarnya sejak tahun 2010. Sekitar pertengahan Juni 2016, Ketua FKP4 Lotim menginformasikan bahwa saudara Badri dan 13 orang Pemuda Lotim dinyatakan lulus seleksi tingkat kecamatan dan berhak untuk mengikuti seleki di tingkat kabupaten.

Singkat cerita, pada minggu pertama bulan Juli 2016, Tim Penilai Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten mengunjungi kediaman saudara Badri guna melakukan penilaian atas bidang kepeloporan yang ia ajukan. Seminggu setelah itu, Ketua FKP4 Lotim memberikan informasi bahwa hasil sidang peleno SETDA Lotim menyatakan bahwa saudara Badri dinyatakan lulus dan mendapatkan Pringkat Satu Tingkat Kabupaten Lombok Timur dalam bidang Kepeloporan Teknologi Tepat Guna. Dengan demikian, pemuda berusi 27 tahun ini berhak untuk mengikuti seleksi di tingkat provinsi bersama calon Pemuda Lotim lainnya dengan bidang masing-masing.

Setelah mengurus semua persyaratan administrasi maka pada awal Agustus 2016, Tim Penilai Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi menyambangi Markas ASA Community (Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya-Lotim) dengan tujuan untuk melakukan penilaian terhadap Pestisida dan Pupuk Organik Cair yang dikembangkan oleh saudara badri bersama warga ASA Community. Pada kesempatan itu, tim penilai mewawancarai beberapa orang warag Sukamulia dan warga desa lainnya yang pernah menggunakan hasil temuan saudara Badri dan tim penilaipun menyampaikan bahwa temuan saudara Badri itu memang bermanfaat bagi masyarakat. Seminggu setelah itu, Ketua FKP4 Lotim memberitahukan bahwa saudara Badri dan temuannya dinyatakan lulus dan mendapatkan predikat Juara Satu Tingkat Provinsi. Dengan demikian, pemuda Pohgading Timur ini berhak untuk mengikuti seleksi calon Pemuda Pelopor di tingkat nasional.

Setelah melalui tahapan selesksi administrasi maka hari ini (Rabu, 28 September 2016), Tim Penilia Pemuda Pelopor Tingkat Nasional bertandang jua di Markas ASA Community guna melakukan penilaian terhadap temuan saudara Badri dan melakukan testimony dengan masyarakat yang pernah menggunakan Pestisida dan Pupuk Organik Cair temuannya. Penilaian ini cukup alot dan berlangsung cukup lama (sejak pukul 16.20 wita hingga pukul 20.00 wita) 2 orang Tim Penilai Nasional yang didampingi oleh tim penilai dari provinsi dan kabupaten menginvestigasi saudara Badri dan para pengguna temuannya guna mengetahui seberapa besar manfaat dari kepeloporan yang dikembangkan oleh saudara Badri.

Usaia mempresentasikan hasil temuannya di hadapan tim penilai dan seluruh warga yang hadir di tempat itu, saudara Badri dan beberapa orang warga yang hadir pada kesempatan iti diinvestigasi oleh tim penilai dari pusat. Setelah investigasi selesai, Tim Penilia Nasional menyatakan bahwa saudara Badri berhak menyandang gelar Pemuda Pelopor Nasional sebab hasil temuannya memiliki manfaat yang besar bagi para petani dan nilai plus yang didapatkan oleh saudara Badri adalah hasil temuannya itu diberikan secara cuma-cuma kepada para petani yang membutuhkan Pestisida dan Pupuk Organik Cair buatannya.

Pada saat menyampaikan kesimpulan, Tim Penilai Pemuda Pelopor Tingkat Nasional mengatakan bahwa saudara Badri adalah seorang Pemuda Pelopor yang aktif dan memiliki jiwa solidaritas tinggi sebab hasil temuannya tidak pernah dirahasikan, bahkan resep-resep kesehatan alami dan resep-resep obat-obatan pertanian organic ia publikasikan melalui blog yang ia kelola (KM. Pohgading Timur) dan bahkan Pestisidan dan Pupuk Organik Cair buatannya diberikan secara cuma-cuma kepada peara petani. Dan semoga kedepannya, hasil temuan ini terus dikembangkan guna membuka lahan pekerjaan bagi para pemuda yang ada di sekitarnya.

 

Baca Juga :


Tim Penilai Pemuda Pelopor Tingkat Nasional itu juga mengatakan kepada saudara Badri, insyallah kita bertemu lagi di Jakarta bersama Pemuda-Pemuda Pelopor dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia dalam acara seminar Kepeloporan yang insyallah akan dilaksanakan pada sekitaran minggu kedua bulan Oktober 2016. Dengan demikian, jelaslah bahwa sejak hari ini, saudara Badri bukan lagi Calon Pemuda Pelopor, namun ia telah dinyatakan sebagai Pemuda Pelopor yang nantinya akan berkompetisi di Jakarta.

Sebagaimana yang telah disampaikan oleh tim penilai, kompetisi di tingkat nasional ini akan digelar di Jakarta pada sekitaran minggu kedua Oktober dan tentunya kita semua berharap supaya Pestisida dan Pupuk Organik Cair temuan saudara Badri ini bisa mendapatkan penilain tertinggi pada kompetisi di Jakarta nanti sehingga saudara Badri dapat menjadi juara dan membawa Tropi Pemuda Pelopor Nasional ke NTB.