logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pemuda Kesik Berkoalisi

Pemuda Kesik Berkoalisi

PEMUDA KESIK BERKOALISI KM. MASBAGIK. Era-era kampanye dan saling sikut menyikut antar golongan sudah tidak ada lagi. Saban hari golongan satu dengan

Opini/Artikel

KM Masbagik
Oleh KM Masbagik
20 Juni, 2015 12:01:56
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 4678 Kali

KM. MASBAGIK. Era-era kampanye dan saling sikut menyikut antar golongan sudah tidak ada lagi. Saban hari golongan satu dengan golongan yang lainnya saling memberikan pengaruh untuk memperoleh suara yang banyak. Hingga segala macam praktek cara yang dilakukan mulai dari member materi atau imbalan hingga mencari koalisi. Hal itu dilakukan tidak lain hanya untuk menjadi nomor satu di negeri ini.

Memang genderang kampanye telah berakhir, namun aplikasi dari kejadian tersebut masih bisa ditemukan hingga saat ini. Praktek koalisi tetap bisa ditemukan namun dengan tujuan yang berbeda-beda tergantung dari masing-masing kelompok yang menjalankannya. Dua organisasi masyarakat Desa Kesik melakukan kegiatan tersebut untuk menciptakan Desa Kesik menjadi tempat yang nyaman, aman dan menarik hati. Adalah IKRAR dan HIMADITA organisasi pemuda yang melakukan koalisi.

Remaja Sungkit pada umumnya terdiri dari dua kelompok yaitu HIMADITA dan IKRAR.  IKRAR adalah organisasi masyarakat yang terdiri dari remaja-remaji Karang Gading (Dusun Sungkit sebelah timur). Sedang HIMADITA adalah organisasi masyarakat yang terdiri dari pemuda-pemudi Dusun Sungkit. Kedua organisasi ini memiliki kesamaan visi dan misi yang sama. Seperti seluruh anggotanya terdiri dari remaja/remaji, pemuda/pemudi masing-masing tempat dengan tujuan mempererat silaturahmi antar anggota dan berperan serta dalam kehidupan masyarakat.

Adapun yang menjadi faktor persatuan ini yaitu karena adanya kegiatan Ramadhan. Pengurus remaja masjidlah yang menjadi aktor inspirator positif ini. Karena dari hasil musyawarahnyalah menghasilkan berbagai keputusan diantaranya pembagian petugas piket untuk mengamankan dan menertibkan jalannya kegiatan Shalat Tarawih, pengaturan sumum (sedekah makanan), dan tadarus di masjid Induk Desa kesik. Untuk menjalankan kegiatan tersebut pengurus remaja masjid membagi kelompok menjadi enam yang terdiri dari remaja Dusun Lelong, Remaja Dusun Sungkit, Remaja Dusun Timbak, Remaja Dusun Montong Teker, Remaja Dusun Tengaq Timuq, dan Remaja Dusun Tengaq Bat. Masing-masing nantinya akan bertugas bergiliran setiap malam.

Pertemuan rapat itulah menjadi awal koalisi tersebut dan inisatif dari anggota IKRAR dan HIMADITA terbentuklah perkumpulan baru. Adapun kegiatan yang akan dilakukan yaitu pengamanan petugas piket Ramadhan pada malam ke-2, Malam ke-8, malam ke-14, malam ke-20, dan malam ke-26. Bukan hanya itu saja, nantinya ketika malam takbiran 1 Syawal 1436 Hijriah akan diadakan pawai dan konvoi dari seluruh elemen remaja dan masyarakat.

 

Baca Juga :


Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini terus terpelihara dan berlangsung tidak hanya pada bulan Ramadhan ini saja. Ini bisa menjadikan momentum perdana untuk membangkitkan semangat kebersamaan dan gotong royong masyarakat Desa Kesik pada umumnya dan Dusun Sungkit dan Karang Gading pada khususnya. Salam dari kampung.

By_Andre D’Jails [] - 05



 
KM Masbagik

KM Masbagik

Nama: Andre Kurniawan, S. Pd. TTL: Kesik, 01 April 1990. Alamat: Desa Kesik Kecamatan Masbagik. Pekerjaan: Swasta. No. HP: 082340354845. Email: Andrejail17@yahoo.com.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan