logoblog

Cari

Keutamaan Tarawih

Keutamaan Tarawih

KM. Sukamulia – Bulan Ramadhan telah tiba, maka beruntunglah kita yang dipertemukan dengan bulan yang mulia ini. Sesungguhnya di dalam bulan

Opini/Artikel

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
18 Juni, 2015 14:01:41
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 9539 Kali

KM. Sukamulia – Bulan Ramadhan telah tiba, maka beruntunglah kita yang dipertemukan dengan bulan yang mulia ini. Sesungguhnya di dalam bulan Ramadhan terdapat berbagai macam keutamaan, yang salah satunya adalah perintah untuk melaksanakan ibadah shalat malam yang hanya boleh dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Tentunya itu sudah tidak asing lagi bagi kita sekalian, dimana shakat sunnah yang dimaksud adalah Shalat Tarawih.

Hukum melaksanakan Shalat Tarawih pada malam-malam bulan suci Ramadhan dimana Shalat Tarawih adalah sunnah muakkad. Shalat ini dapat dikerjakan secara berjamaah atau bisa juga dengan cara munfarid/sendiri-sendiri, namun lebih baik kita melaksanakannya secara berjamaah di masjid atau mushalla atau tempat-tempat ibadah lainnya. Melaksanakan Shalat Tarawih berjamaah juga bisa dilaksanakan di rumah (bersama keluarga) namun akan lebih baik jika kita melaksanakannya secara berjamaah di masjid atau mushallah-mushalla yang berada di dekat kediaman kita.

Waktu melaksanakan Shalat Tarawih adalah sesudah melaksanakan shalat Isya hingga datangnya fajar. Kemudian mengenai jumlah rakaatnya, dalam beberapa riwayat dijelaskan bahwa Rasulullah melaksanakan Shalat Tarawih sebanyak delapan (8) rakaat dan sepeninggal beliau, para sahabat melaksanakan Shalat Tarawih dengan jumlah rakaat yang lebih banyak, yaitu 20 rakaat. Dasar itulah yang kemudian menyebabkan ummat islam pada masa setelah lengsernya Rasulullah dan para khalifah hingga saat ini. Untuk itu, kiranya kita tidak perlu mempertentangkan jumlah rakaat shalat sunnah ini, yang jelas ada yang melaksanakannya dengan jumlah 8 rakaat dengan 4 kali salam dan ada pula yang melaksanakannya dengan rakaat sebanyak 20 dengan 10 kali salam. Rasulullah SAW bersabda yang artinya “barang siapa yang berdiri shalat dalam Bulan Ramadhan dengan iman dan mengharap ridha-Nya, maka diampunilah dosanya yang telah lalu (HR. Buhari dan Muslim).

Para ulama’ menafsirkan bahwa yang dimaksud oleh perkataan “shalat dalam Bulan Ramadhan” adalah Shalat Sunnah Tarawih. Terlepas dari hal itu, Shalat Tarawih memiliki berbagai keutamaan dan bahkan dalam sebuah hadits dijelskan mengenai keutamaan Shalat Tarawih secara rinci, mulai dari malam pertama hingga malam terahir. Jika kita sekalian mengetahui keutamaan itu maka akan sangat berat rasanya kita meninggalkan Shalat Tarawih, baik secara berjamaah ataupun secara sendiri-sendiri.

Sebagai motivasi kita sekalian untuk melaksanakan ibadah sunnh di bulan yang mulia ini, maka tulisan kali ini akan menyajikan keutamaan Shalat Tarawih sebagaimana yang dijelaskan pada hadits berikut.

 

Baca Juga :


Dari Ali bin Abi Thalib berkata: “Aku bertanya kepada Rasulullah saw tentang keutamaan (shalat) Tarawih di bulan Ramadhan lalu beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berkata:

  1. Di malam ke-1: Dosa-dosa orang yang beriman keluar darinya pada malam pertama seperti hari dilahirkan ibunya.
  2. Di malam ke-2: Dirinya diampuni juga (dosa) kedua orang tuannya jika keduanya beriman.
  3. Di malam ke-3: Malaikat memanggil dari bawah ‘Arsy: ‘Mulailah beramal, semoga Allah mengampuni dosamu yang lalu!’
  4. Di malam ke-4: Baginya pahala seperti pahala membaca Taurat, Injil, Zabur dan Al Qur’an).
  5. Di malam ke-5: Allah memberinya pahala seperti orang yang shalat di Masjidil Haram, Masjid Madinah, dan Masjid Aqsha.
  6. Di malam ke-6: Allah memberinya pahala seperti orang yang melakukan thawaf mengelilingi Baitul Makmur dan bebatuan pun memohonkan ampunan baginya.
  7. Di malam ke-7: Seakan-akan dia bertemu Musa as dan kemenangannya atas firaun dan Haman.
  8. Di malam ke-8: Allah memberikan kepadanya seperti apa yang telah diberikan-Nya kepada Ibrahim ‘Alaihis Salam.
  9. Di malam ke-9: Seakan-akan dia beribadah kepada Allah seperti ibadahnya Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.
  10. Di malam ke-10: Allah memberikan rezeki kepadanya kebaikan dunia dan akhirat.
  11. Di malam ke-11: Dirinya keluar dari dunia seperti hari kelahirannya dari rahim ibunya.
  12. Di malam ke-12: Pada hari kiamat dirinya akan datang seperti bulan di malam purnama.
  13. Di malam ke-13: Pada hari kiamat dia akan datang dengan keamanan dari segala keburukan.
  14. Di malam ke-14: Malaikat datang untuk menyaksikannya shalat taraweh dan kelak Allah tidak akan menghisabnya pada hari kiamat.
  15. Di malam ke-15: Para malaikat dan para malaikat pembawa Arsy dan kursi bershalawat kepadanya.
  16. Di malam ke-16: Allah Subhanahu wa Ta’ala menetapkan baginya kebebasan dari api neraka dan dimasukan ke surga.
  17. Di malam ke-17: Diberikan pahala seperti pahala para Nabi.
  18. Di malam ke-18: Para malaikat memanggil, ‘Wahai Abdullah, sesungguhnya Allah telah meridhaimu dan meridhai kedua orang tuamu.’
  19. Di malam ke-19: Allah mengangkat derajatnya di surga Firdaus.
  20. Di malam ke-20: Dia diberikan pahala para syuhada dan orang-orang shaleh.
  21. Di malam ke-21: Allah membangunkan baginya sebuah rumah dari cahaya di surga.
  22. Di malam ke-22: Pada hari kiamat ia akan datang dengan rasa aman dari semua kesulitan dan kecemasan.
  23. Di malam ke-23: Allah membangun baginya sebuah kota di surga.
  24. Di malam ke-24: Dikatakan kepadanya, “Ada 24 doa yang dikabulkan”.
  25. Di malam ke-25: Allah mengangkat siksa kubur darinya.
  26. Di malam ke-26: Allah mengangkatnya seperti pahala 40 ulama.
  27. Di malam ke-27: Pada hari kiamat ia akan melintasi Shirathul Mustaqim bagai kilat yang menyambar.
  28. Di malam ke-28: Allah mengangkatnya 1000 derajat di surga.
  29. Di malam ke-29: Allah memberikan ganjaran baginya 1000 hujjah (argumentasi) yang dapat diterima.
  30. Di malam ke-30: Allah berfirman: Wahai hamba-Ku makanlah dari buah-buahan surga dan mandilah dari air Salsabila.

Pembaca yang budiman, demikianlah keutamaan-keutamaan dari melaksanakan Shalat Tarawih, semoga tulisan ini dapat menjadi motivasi untuk kita semua agar senantiasa melaksanakan Shalat Tarawih dengan penuh ketulusan dan dengan harapan supaya Allah Yang Maha Kuasa memberikan kita rahmat, inayah, hidayah, magfirah dan barokah-Nya. Semoga dengan sajian Keutamaan Melaksanakan Shalat Trawaih pada malam-malam Bulan Ramadhan yang telah terpapar pada artikel ini membuat kita menjadi semakin termotivasi untuk meningkatkan iman dan ketakwaan kita kehadirat Allah SWT dan senantiasa terpacu untuk melaksanakan ibadah-ibadah wajib dan ibadah sunah pada bulan suci Ramadhan tahun ini, amin ya robbal alaminnn (Diambil dari Berbagai Sumber).

_By. Asri The Gilla_ [] - 05



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan