logoblog

Cari

SEJARAH PMII KOMISARIAT UNRAM

SEJARAH PMII KOMISARIAT UNRAM

Keberadaan PMII di kampus Unram yang salah satu kampus Negeri yang levelnya UNIVERSITAS di NTB merupakan salah satu bukti sejarah yang

Opini/Artikel

Kusnadi Pratama
Oleh Kusnadi Pratama
22 November, 2014 11:31:49
Opini/Artikel
Komentar: 1
Dibaca: 18375 Kali

Keberadaan PMII di kampus Unram yang salah satu kampus Negeri yang levelnya UNIVERSITAS di NTB merupakan salah satu bukti sejarah yang nyata,masuknya PMII di Unram bukan semudah membalikkan telapak tangan akan tetapi dengan usaha yang kuat dan dengan tantangan yang besar semua itu karena perjuangan Senior-senior Unram terdahulu. Sekitar tahun 1998 PMII di Unram dulunya sangat besar dari segi kuantitasnya terbukti dengan beberapa fakultas yang ada di Unram sudah memiliki Rayon diataranya adalah fakultas pertanian,fkip,hukum yang dimana Rayon ini adalah struktur organisasi paling bawah di tataran organisasi PMII.

Bukan hanya dari segi kuantitas saja akan tetapi PMII di Unram dulunya juga besar dari segi kualitas kadermya,terbukti ada beberapa Senior yang telah sukses menjadi Ketua Umum Cabang PMII Kota Mataram diantaranya adalah L.Aksar Ansori pernah menjabat sebagai Ketua Umum Cabang PMII Kota Mataram masa khidmad 1994-1995 yang sekarang menjadi ketua KPU Provinsi NTB. Yang ke-2 adalah Faisal Ismail beliau juga pernah menjadi Ketua Cabang PMII Kota Mataram.

Setelah beberapa tahun kemudian PMII di Unram mulai redup disebabkan karena adanya beberapa factor internal dan disebabkan juga karena terjadinya perselisihan antara birokrasi kampus dengan kader-kader PMII. Namun tantangan ini semata-mata tidak melemahkan semangat para mahasiswa unram untuk memperjuangkn kembali eksistensi gerakan PMII di Unram. Beberapa tahun kemudian timbul satu ide gagasan dari salah seorang mahasiswa Fakultas Hukum yang benama Ali Meno dari Manggarai Barat Provinsi NTT untuk menghidupkan kembali kejayaan PMII di Unram.

Pada tanggal 1 desember 2008 dibangkitkannya kembali PMII di Unram yang di ketuai oleh sahabat Ali Meno sendiri yang sekarang di kenal sebagai sahabat Ali Nusantara. Namun karena sudah terlalu lama redup PMII di Unram maka secara administrasi PMII di Unram dianggap belum definitive atau belum di terbitkan SK(surat keputusan)oleh Pengurus Cabang PMII Kota Mataram,karena untuk mendapatkan SK perlu pertimbangan salah satunya adalah harus mandiri melaksanakan agenda formal dalam hal ini MAPABA.sehingga berbagai macam agenda yang diprogramkan oleh sahabt Ali di temani dengan sahabati Bq.Maysarah baik itu agenda formal (mapaba), non formal (diskusi) dll. Pada tahun ini pula PMII menggelar organisasi antar Mahasiswa Unram yang dikenal dengan AMPERA (aliasni peduli kampus unram) dimana PMII sendiri sebagai penanggung jawab utama. Setelah jabatannya selesai di komisariat sahabat Ali direkomendasikan sebagai pengurus cabang pmii kota mataram dimana jabatan utamanya adalah ketua bidang HAM dan Advokasi dan sahabat Selamet Riadi Alias Rebe sebagai ketua umumnya, pada tahun 2013 sahabat Ali juga diangkat menjadi sekretaris umum cabang dan sahabat Sabolah Alkalamby sebagai ketua umumnya.

Setelah Sahabat Ali Nusantara selesai jabatannya menjadi Ketua Komisariat Persiapan, naiklah sahabat Yeyen Derajat dari Fakultas Teknik menjadi Ketua Komisariat masa khidmad 2011-2012 dimana pada saat ini PMII Komisariat Unram sudah diberikan SK oleh Pengurus Cabang PMII Mataram atau dikenal dengan Komisariat yang sudah definitive karema secara administrai maupun AD/ART,PO PMII sudah tuntas artinya sudah mampu secara mandiri melaksanakan agenda formal PMII yaitu MAPABA (masa penerimaan anggota baru). Pada saat ini pula PMII komisariat unram melaksanakan MAPABA di PONPES Darul Qur’an Bengkel dimana pada saat itu Sahabat Kusnadi Pratama selaku Ketua Panitianya dan MAPABA tersebut mampu merekrut anggota sebanyak 37 Mahasiswa yang terdiri dari semua Fakultas yang ada di Unram. Saat penyampaian laporan ketua panitia sahabat Kusnadi mengataka bahwa “ anggota/kader PMII harus loyal baik dari segi moral maupun moril dan anggota pmii juga harus mampu menciptakan suatu hal yang kreatif sesuai dengan keahlian dan potensinya” tambah Republik. Dan pada saat itu pula sahabat Kusnadi Pratama menggantikan nama menjadi Kusnadi Republik dan namanya itu popular di PMII sampai sekarang

Pada tahun 2012 berdirilah salah seorang sahabat dari Fakultas Pertanian jurusan Agribisnis yang benama Kusnadi Pratama Republik. Kusnadi Republik berasal dari Dusun terpencil  yaitu Dusun Kelambi Desa Pandan Indah Kecamatan PRABARDA Kabupaten LOTENG. Pada tahun 2012 Kusnadi Republik dipercayai sebagai Ketua Komisariat ke-III PMII Komisariat Unram, dimana pada saat ini sahabat Kusnadi tidak mau kalah deng  sahabat-sahabat yang lain. Mekanisme yang dijalankan olehnya adalah mengutamkan kecerdasan anggota yaitu dengan menggerakkan system kaderisasi baik secara formal maupun non-formal,karena menurutnya kaderisasi adalah roh dari gerakan sebuah organisasi. Adapun agenda formal yang diprogramkan semenjak masa jabatannya antara lain melaksanakan MAPABA sebanyak 2 kali, MAPABA pertama dilaksanakan di Ponpes Ta’li Musyibiyan sangkong Desa Bonder mendapatkan anggota sebanyak 23 Mahasiswa dari semua fakultas di unram. MAPABA ke dua dilaksanakan di Ponpes Darul qur’an Desa Bengkel memperoleh anggota sebanyak 27.

Bukan hanya dari segi kaderisasi formal yang di programkan oleh sahabat Kusnadi,agenda non-formal juga selalu dijalankan seperti diskusi mingguan khusus untuk anggota baru dan diskusi mingguan khusus untuk pengurus BPH (badan pengurus harian),gunanya adalah supaya intlektual atau life skill anggota maupun kader pmii benar-benar mapan. Bahkan dikusi public juga pernah dilaksanakn dimana mekanisme diskusi public ini adalah semua komisariat maupun rayon yang ada di cabang PMII kota mataram ikut serta berpartisipasi memeriahkan acara diskusi public tersebut, Selain itu semua OKP di lintasan unram juga ikut andil dalam diskusi ini. Kajian-kajian tentang agama juga selalu dilaksanakan seperti yasinan dan istigosah sesuai dengan program bidang agama yang sudah dibentuk.masih ada beberapa program agenda yang sering juga dilakukan misalnya latihan orasi pantai, diskusi terkait isu kampus, latihan jurnalis dll. Visi besar dari seorang kusnadi adalah PMII unran harus besar baik dari segi kuantitas kader maupun kualitas karder. Dan sekarang Kusnadi Republik menjabat sebagai sekretaris bidang III PC PMII Kota Mataram.

 

Baca Juga :


Kemudian setelah itu dipercayakanlah Sahabati Bq.Dewi Anjani dari Fakultas FKIP jurusan Bahasa Inggris sebagai ketua komisariat ke-IV ini merupakan sejarah utama PMII Unram memiliki sosok Wanita sebagai pemimpin. Agenda formal maupun non-formal juga selalu dilaksanakan ditemani oleh sekretaris komisariat yang benama sahabat Zainudin alias judin dari fakultas Peternakan guna tetap mempertahankan kejayaan PMII di Unram. Sehingga PMII unram tetap bertahan sampai sekarang.

TANGAN TERKEPAL MAJU KE MUKA JAYA TERUS PMII UNRAM

Wallahulmuafieq Illaaqwa Mithorieq.

 



 

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM Mutiara *9

    KM Mutiara *9

    22 November, 2014

    mantap...terruslah berkaria, salam dari kampung untuk sahabat-sahabat unram


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan