logoblog

Cari

Tembakau dan Rancangan Ekonomi Kreatif

Tembakau dan Rancangan Ekonomi Kreatif

Chairil Anwar _Sakra, Gubernur Boleh saja bangga dengan prestasi yang di sabet oleh Program Andalannya KMD karena itu adalah sebuah loncatan

Opini/Artikel

Chairil Anwar
Oleh Chairil Anwar
13 Juni, 2014 20:55:28
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 16205 Kali

Chairil Anwar _Sakra, Gubernur Boleh saja bangga dengan prestasi yang di sabet oleh Program Andalannya KMD karena itu adalah sebuah loncatan prestasi yang memang layak diacungkan jempol. Prestasi KMD merupakan rangkaian proses dalam rantai sejarah kemajuan Nusa tenggara Barat, yang tak boleh terputus, semangat dankerja keras yang telah berbuah manis itu mestinya menjadi spirit mencipta kembali dan merancang substansi kesejah teraan NTB menuju NTB Bersaing.

NTB  bersaing bukan pepesan kosong yang tak mengandung makna filosofis tetapi lebih dari itu NTB Bersaing adalah Mantra Baru bagi harapan Kesejahteraan masyarakat NTB, Masyarakat NTB bila dilihat dari indeks SDMNya dalam bidang Pertanian dan peternakann berjalan  beriringan dengan angka persentasi diatas 50% dari jumlah total Luas NTB secara Global.

Areal Pertanian Di NTB Tersebar hampir Merata mulai dari Pertengahan Pulau Lombok Hingga Pinggiran Kabupaten Dompu, dan sector inilah yang menjadi  sumbu ordinat ledakan gagasan ekonomi kreatif dari kampung untuk menjalankan Kendaraan yang bermuatan kesejahteraan rakyat dengan slogan NTB Bersaing.

Komoditi andalan kedua Pulaunya yang Berbeda yakni  Disebelah barat masyarakat masih menggantungkan hidupnya dari komoditas tembakau Virginia yang di perkenalkan PT BAT di penghujung 70an dan disebelah timur dengan komoditi andalan Jagung , Mulai dari Pinggiran pantai pulau Lombok sebelah timur hingga kaki gunung renjani hingga kepulau Sumbawa.

Di pulau Lombok Tembakau Virginia merupakan  Idola Bagi masyarakat dengan karakter tanah liat hitam sedangkan jagung  merupakan idola masyarakar dengan karakter tanah merah. Pulau Lombok dengan Jumlah Oven Tembakau Telah menandingi Jumlah madrsah dan masjidnya dengan jumlah diatas 11.000 oven. Statistika tersebut telah meransang sejumlah peneliti dari kalangan mahasiswa dan aktifis LSM untuk menciptakan managemen baru dan dari sinilah indicator utama berdirinya Himpunan Petani Tembakau Lombok (HIPETAL) di tahun 2012.

 

Baca Juga :


Hipetal yang berawal dari Sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat yang terdiri dari kalangan Mahasiswa dan aktifis kemudian diminati kaum petani saat para petani mendengar komoditas andalan mereka di perjuangkan Hipetal Saat Kampanye Monologis Gubernur NTB, M.Zaenul Majdi dilapangan Umum Sakra Kabupaten Lombok Timur ditahun berikutnya. Sejauh harapan itu ternyata Hipetal yang bersekretariat di kecamatan Sakra masih belum mampu menjawab masalah ekonomi yang menjerat leher petani tembakau terbukti dengan banyakanya masalah-masalah yang dihadapi petani.

Saat ini Komoditas Tembakau Virginia Lombok Sudah Mulai di tanam masyarakat,dan harapan mereka terhadap komoditas Berdaun emas ini sudah membuat mereka selalu gemas. Langkanya pupuk, tingginya ongkos buruh hamper menjadi Lagu wajib para kelompok tani tiap tahunnya, ditambah lagi kelangkaan bahan bakar yang harus di bayar dengan pemanasan global yang semakin mengglobal.

Tembakau Virginia yang telah siap di jual ternyata harus berhadapan dengan Monopoli dan system ekonomi Kapital lainnya, untuk itu di butuhkan rancangan dan system Ekonomi  masyarakat yang lebih kreatif dengan cara membentuk kelompok tani hingga turun tangannya perusahaan dalam menunjuk pendamping petani namun belum juga  sehebat prestasi KM NTB.(Abu Ikbal) -05



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2020 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan