logoblog

Cari

Peran Media Dalam Pemilu

Peran Media Dalam Pemilu

Media dan Pemilu, dua kata yang mempunyai keterkaitan sangat kuat dan erat satu sama lain. Dua kekuatan yang sulit dipisahkan dan

Opini/Artikel

KPID NTB
Oleh KPID NTB
13 Mei, 2014 11:27:35
Opini/Artikel
Komentar: 4
Dibaca: 11613 Kali

Media dan Pemilu, dua kata yang mempunyai keterkaitan sangat kuat dan erat satu sama lain. Dua kekuatan yang sulit dipisahkan dan saling melengkapi satu sama lain. Apalah jadinya Pemilu tanpa keterlibatan dan partisipasi aktif media massa, terlebih lagi media siaran yang mempunyai kekuatan luar biasa mempengaruhi cara pandang, gaya hidup dan prilaku khalayak. Sejumlah survei bahkan menyebutkan hampir 65% pemilih mengaku menentukan pilihannya dalam Pemilihan Umum karena pengaruh media siaran khususnya televisi yang penetrasinya mencapai 92%.

Dalam teori hipodermik yang dipopulerkan De Fleur dan Ball Rokeach menyebutkan bahwasanya media siaran televisi diibaratkan seperti jarum suntik atau peluru yang memiliki kecepatan tinggi sehingga dengan cepat dapat mengubah cara manusia berpikir, bertindak, maupun berperilaku, berpengaruh kuat terhadap khalayak.

Pengaruhnya tidak saja pada tataran kognitif (kesadaran dan pengetahuan), tetapi juga sampai ke tatatan afektif (sikap) dan konatif (perilaku). pengaruh media siaran memang tidak secara langsung (revolusioner) tetapi secara perlahan-lahan (evolusioner). Bahkan Albert Bandura yang terkenal dengan teori pembelajaran sosial, modelling hypothesis menyebutkan bahwa tayangan TV mempunyai kekuatan daya tiru yang sangat kuat. Kecenderungan manusia berperilaku dan bertindak sesuai dengan apa yang dilihat dan dengar.

Harus diakui bahwa saat ini, media siaran bukan lagi sekedar media informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol dan perekat sosial, tetapi media siaran juga dapat memantik perubahan sosial politik di sebuah negara.

Sebagai kekuatan pilar keempat demokrasi, media bukan saja memposisikan diri sebagai  penyebar arus informasi kepada khalayak, tetapi ikut mengkawal jalannya penyelenggaraan pemerintahan; memberi peringatan (early warning) tentang potensi penyimpangan kekuasaan yang dilakukan oleh pemerintah; menjadi watchdog terhadap pemerintah, untuk melakukan kontrol terhadap pemerintah agar lebih hati-hati dan akuntabel dalam membuat dan menjalankan kebijakan serta media berperan dalam melakukan konstruksi  budaya, prilaku, aktivitas ekonomi dan politik masyarakat.

Sebagai aktor penting dalam proses demokrasi, performance media muncul dalam dua model yakni market oriented dan public sphere model. Apakah media dalam kehidupan demokrasi lebih dipandang sebagai perusahaan bisnis yang menjual produk atau sebagai institusi sosial yang memiliki sumber daya sosial untuk melayani kepentingan publik. Apakah tujuan utama media semata-mata mencari keuntungan bagi pemilik dan stakeholdernya atau sebagai arena mendorong warga negara aktif. Apakah media memandang audience semata-mata sebagai konsumen atau warga negara yang berhak memperoleh informasi publik.

Peran apapun yang dilakukan media khususnya media siaran, tentu saja tidak lepas dari peran strategis seorang pemimpin redaksi. Terlebih bila pemimpin redaksi itu juga rangkap jabatan sebagai pemilik sekaligus penanggungjawab umum sebuah media siaran.

 

Baca Juga :


Realita sekarang, pemilik media menjadi tokoh politik, juru kampanye hingga pemimpin partai. Bahkan ada juga yang menjadi calon presiden. Ada juga sebaliknya, tokoh partai menjadi pemimpin media, menghiasi layar kaca. Meski diakuinya, dirinya sudah tidak camera face lagi.

Mencermati fenomena tersebut diatas, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Nusa Tenggara Barat bermaksud menggelar sebuah kegiatan bertajuk Forum Pimpinan Redaksi (Pimred) mengkawal Pemilihan Umum 2014 Bermartabat.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meneguhkan kembali peran strategis  media siaran yang menggunakan frekuensi sebagai ranah publik untuk bersama-sama mengkawal kegiatan kepemiluan yang akan menentukan nasib bangsa lima tahun ke depan.[] - 01

 



 
KPID NTB

KPID NTB

Komisi Penyaran Indonesia terbentuk berdasarkan UU No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran KPID NTB alamat : Jalan Udayana No. 14 Mataram Tlp. (0370) 644262 Email: ntbkpid@gmail.com; kpid_ntb@yahoo.com (L. Aries Zulfikri Hp. 087864922703)

Artikel Terkait

4 KOMENTAR

  1. KM Mutiara *9

    KM Mutiara *9

    13 Mei, 2014

    mantab..........semoga dengan bergabungnya KPID NTB membuat suasana baru yang positif.


    1. KPID NTB

      KPID NTB

      16 Mei, 2014

      trima kasih..


  2. Kampung Media

    Kampung Media

    13 Mei, 2014

    Terimakasih telah menjadi warga kampung media dan mengabarkan informasi yang menarik. Kami sarankan agar PHOTO PROFIL menggunakan LOGO KPID dan cantumkan alamat emal dibawah photo profil tersebut. Terimakasih dan salam dari kamapung


    1. KPID NTB

      KPID NTB

      16 Mei, 2014

      trima kasih atas sarannya ....Admin KM ..Logo sedang kami proses,,,,


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan