logoblog

Cari

Tutup Iklan

Antara Manfaat & Mudharat

Antara Manfaat & Mudharat

Tanaman palma yang serumpun dengan nyiur atau kelapa ini merupakan palma yang utama setelah kelapa karena berbagai menfaat yang hampir sama

Opini/Artikel

KM. Lingsar
Oleh KM. Lingsar
04 Mei, 2014 15:45:54
Opini/Artikel
Komentar: 2
Dibaca: 4808 Kali

Tanaman palma yang serumpun dengan nyiur atau kelapa ini merupakan palma yang utama setelah kelapa karena berbagai menfaat yang hampir sama dengan kelapa dari akar sampai daun, semua memeliki kegunaan.

Manfaat yang terdapat pada pohon Aren sungguh banyak, dari akarnya sudah bisa menghasilkan sesuatu misalnya saja tali pancing dan cambuk, lanjut ke batang disini manfaat yang didapat sangat kaya sekali, diantaranya, untuk bahan makanan yang diolah menjadi lauk yang lezat yang biasa tersedia di gawe-gawe sasak, yang mana bahan yag diambil dari batang pohon aren adalah ujung dari pohon aren yang masih muda yang lazim disebut Pudak oleh orang sasak. Batangnya mengayu di sebelah luar dan agak lunak berserabut di bagian dalam atau empulurnya, Kayunya yang keras ini dipergunakan sebagai papan kasau atau tongkat, empulur atau gumbarnya dapat ditumbuk dan diolah untuk menghasilkan sagu,Batang yang dibelah memanjang dan dibuang empulurnya digunakan sebagai talang atau saluran air, ijuk juga terdapat di hampir seluruh pohon, yang kegunaannya antara lain untuk sapu ijuk dan apa bila dipintal akan menjadi tali yang sangat kut meskipun cukup kaku.

Beralih ketandan bunga dari pahon aren, dari tandan akan mengeluarkan cairan yang bisa disadap untuk dijadikan Gula merah atau juga Gula aren yang cairannya disebut Nira, atau bisa juga di jadikan gula serbuk yang biasa di sebut gula kristal, sebelumnya cairan Nira ini nikmat untuk diminum yang konon mitosnya bisa meningkatkan vitalitas pria.

Untuk buahnya sendiri banyak digunakan sebagai campuran untuk es, manisan dan kolak yang bisa dihidangkan untuk buka puasa dibulan ramadhan, daunnya yang rimbun dan panjang sering digunakan untuk atap rumah warga, disampaing itu daun yang masih kuncup digunakan untuk kertas rokok dan juga sebagai pembungkus barbagai olahan makanan seperti dodol dan lidi sebagai anyaman sederhana untuk membuat sapu lidi.

Beragam manfaat diatas sangat tidak sebanding dengan dampak negatif yang ditimbulkan, yang mana dampak tersebut bisa dihilangkan atau di minimalisir dengan cara cara yang kreatif, maksudnya, cairan aren atau sering disebut Nira atau tuak tersebut memiliki sifat ganda yang sangat bertolak belakang satu sama lain jika diolah dengan benar maka akan menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi semisal, diolah menjadi Gula aren yang sangat bermanfaat karena mengandung berbagai macam Vitamin didalamnya.

 

Baca Juga :


Disisi lain cairan Nira atau tuak ini juga mengandung alkohol yang cukup tinggi apa bila diolah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, dibeberapa daerah cairan nira ini diolah menjadi minuman beralkohol dan dikonsumsi oleh banyak kalangan salah satunyan generasi muda yang ada dikampung-kampung sangat akrab dengan minuman Tuak ini.

Realita yang terjadi dimasnyarakat dimana tuak ini sudah sangat meresahkan namun peredarannya juga semakin marak dikarenakan Nira yang sebenarnya diolah menjadi gula tetapi diolah menjadi minuman beralkohol dikarenakan sedikitnya wadah untuk pengerajin gula untuk mengembangkan potensi yang besarini yang pada akhirnya tuak menjadi populer melebihi gula yang bersal dari bahan yang sama, dengan kata lain, beragam manfaat yang terdapat dipohon Aren tidak serata merta membuat pohon tersebut dikenal dengan manfaatnya melainkan dekanal karena mudharatnya.



 
KM. Lingsar

KM. Lingsar

Desa Duman, Lingsar - Lombok Barat http://www.dumannis.blogspot.com ihromil islam, okta hadi, siswadi, anjaswadi No Hp. 081917920272

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. KM Mutiara *9

    KM Mutiara *9

    12 Mei, 2014

    sepakat pak uts..Tuhan menciptakan sesuatu punya maksud dan tujuan. tergantung manusia mampukah ia memahami kekuasaan Tuhan...


  • KM Kaula

    KM Kaula

    04 Mei, 2014

    segala sesuatu itu punya manfaat dan mudarat tergantung kita bagaimana menggunakannya, sama dengan pisau kalau di pakai untuk mengiris sesuatu di dapur maka jelas itu bermanfaat tapi jika digunakan untuk membunuh orang maka pasti itu mudorat.


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan