logoblog

Cari

MENGGUNAKAN BAHASA YANG BAIK DAN BENAR

MENGGUNAKAN BAHASA YANG BAIK DAN BENAR

Di dunia ini banyak sekali bahasa-bahasa,seperti bahasa inngris,bahasa Indonesia dan lain-lain. Dari sekian banyak bahasa yang ada,tentu di bawa dengan pengucapan

Opini/Artikel

Palahudin
Oleh Palahudin
28 April, 2014 22:49:29
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 14323 Kali

Di dunia ini banyak sekali bahasa-bahasa,seperti bahasa inngris,bahasa Indonesia dan lain-lain. Dari sekian banyak bahasa yang ada,tentu di bawa dengan pengucapan dan penggunaan yang baik dan benar oleh masing-masing individu untuk membenarkan sikap,prilaku dan komunikasi antar seseorang. Dari sekian banyak orang teman kita berkomunikasi dengan menggunakan bahasa,tentu tidak semua menggunakan bahasa yang baik dan benar,pasti ada dari beberapa yang menggunakan dengan tidak tepat pada setiap perkataan bahasa yang digunakan.

Kita sudah sama-sama mengetahui dengan perkembangan yang semakin ketat terjadi, sehingga secara budaya bahasa sering kali terjadi dalam menggunakan bahasa tidak maksimal di komunikasikan dan itu sudah kerap sekali terjadi terutama dalam kalangan mahasiswa. Misalkan dalam penggunaan bahasa yang tidak tepat:

  1. Kenaikan BBM kemarin saya pergi mengadakan rapat di kantor gubernur?
  2. Bahasa inggris dengan bahasa Indonesia kamu pilih yang mana?
  3. Tidak sopan sekali kamu?

Dari ketiga contoh penggunaan bahasa tersebut,ketiganya itu tidak tepat penggunaannya,padahal setiap subyek itu harus berada pada awal kalimat, akan tetapi itu yang sering terjadi dilakukan oleh kalangan masyarakat. Penggunaan bahasa seperti itu merupakan budaya bahasa yang titak baik untuk di budayakan, karena itu akan menyebabkan kesalahan pada setiap generasi.

Kalau penggunaan bahasa ini akan diterima juga pada setiap generasi,lalu bagaimana mendapatkan hubungan sesama manusia akan membaik,karena setiap hubungan itu akan membaik ketika penggunaan bahasa yang baik dan benar. Penggunaan bahasa yang baik dan benar akan menjadi salah satu perubahan positif dalam bertingkah laku,bermanfaat dan berguna bagi manusia itu sendiri.

Perkembangan bahsa yang semakin ngetren saat ini menimbulkan banyak bnyak bahasa yang tidak benar di ucapkan bahkan ada juga yang mengatakan seluruh dunia,berada pada dunia politik,dunia olah raga, dunia pendidikan dan lain-lain. Dengan demikian terjadi sehingga banyak menimbulkan pertanyaan besar. Sementara kita ketahui sendiri bahwa dunia itu satu tidak mempunyai cabang dan tidak ada juga dalm istilah dunia politik,dunia olah raga, dunia pendidikan, yang ada hanya bidang politik,bidang olahraga, begitupun bidang pendidikan.dengan demikian hal terjadi, sehingga Inilah yang salah sikap dalam penggunaan bahasa yang tidak baik dan benar. [] - 01

 

Baca Juga :


ilustrasi foto: net

 



 
Palahudin

Palahudin

pengurus pmii ikip mataram dan pengurus km prabarda

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan