logoblog

Cari

Pemilih Sehat dan Bersih; Anti Golput, Tanpa Money Politic

Pemilih Sehat  dan Bersih;  Anti Golput, Tanpa Money Politic

“Sebuah istilah yang diharapkan bisa melahirkan kerja nyata bilamana pemilu di tahun ini (2014) ternilai sehat dan bersih. Terdapat di dalamnya

Opini/Artikel

burex muridmacel
Oleh burex muridmacel
29 Maret, 2014 09:36:49
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 12591 Kali

“Sebuah istilah yang diharapkan bisa melahirkan kerja nyata bilamana pemilu di tahun ini (2014) ternilai sehat dan bersih. Terdapat di dalamnya sebuah kesatuan dari berbagai kelompok masyarakat yang memilih “anti golput”, dan Partai Politik terpilih tanpa “money politic”.

Pemilu untuk legislatif (Pileg) akan berlangsung sebentar lagi, tepatnya pada hari Rabu tanggal, 09 April 2014. Beranikah kita secara individu selaku masyarakat memastikan diri untuk tidak “golput”? Selaku masyarakat yang peduli demokrasi tentu akan mengatakan “sanggup”.

Sejauh ini sudah banyak upaya yang dilakukan, baik oleh KPU selaku penyelenggara Pemilu, dan para caleg yang terlibat dalam pentas demokrasi guna menyukseskan Pemilu ini. Dapat dilihat bahwa setiap apa yang dilakukan oleh KPU, terutama upaya mensosialisasikan pentingnya Pemilu terlaksana tanpa meninggalkan jejak masyarakat yang masih apatis terhadap Pemilu itu sendiri adalah merupakan upaya KPU sendiri dalam hal menggalang kesadaran masyarakat agar senantiasa tidak memilih Golput dalam pemilu nantinya.

Begitu juga dengan para caleg. Karena tidak ada satu pun caleg dari seluruh partai politik saat ini yang menargetkan suara sedikit pada Pemilu nantinya. Semua partai politik berharap kepada masing-masing para caleg di dalamnya agar bisa mendapat suara terbanyak.

Apa yang dilakukan oleh KPU, upaya partai politik melalui para Caleg dalam hal ini adalah sebetulnya dapat mengurangi jumlah angka golput pada pemilu nantinya. Tetapi dengan satu syarat, di mana KPU harus tetap dalam posisi netral, dan juga setiap caleg dari masing-masing partai politik selalu dalam posisi menjaga stabilitas dan kondisivitas pemilu itu sendiri. Menurut penulis, upaya tersebut merupakan salah satu kerjasama KPU dengan Partai politik untuk seluruh masyarakat bangsa yang bersifat saling menguntungkan (simbiosa mutualisme pemilu).

Selain demikian, masyarakat pada umumnya juga tidak boleh ada lagi yang masih beranggapan negatif atau memaknai momentum pemilu ini sebagai sebuah momentum khusus bagi partai politik dalam membagi-bagi uang kepada masyarakat.

 

Baca Juga :


Disadari memang bahwa selama ini masyarakat hanya mengetahui keberadaan partai politik ini pada saat menjelang pemilu saja. Padahal setiap partai politik sebetulnya bisa dikenal oleh masyarakat sendiri kapan saja, karena hal demikian mengingat bahwa partai politik berkewajiban mencerdaskan masyarakat untuk bisa berpolitik dengan baik.

Sejauh ini, keberadaan partai politik sebagai wadah pendidikan politik bagi masyarakat ternyata belum dijalankan dengan baik oleh para politisi-politisi kita di seluruh tanah air. Asumsi semacam ini dapat dibuktikan dengan melihat banyaknya politisi yang justru melakukan praktik korupsi, memakan uang milik rakyat, dan juga masih banyak sikap serta etika politisi kita yang sebetulnya tidak pantas dilakukan dan dipertontonkan kepada masyarakat.

Menurut penulis, satu hal yang harus diingat kembali oleh seluruh caleg yang ada saat ini. Jika para caleg ini nantinya bisa terpilih menjadi wakil rakyat, tentunya mereka harus ingat bahwa “Partai Politik sebetulnya bukan hanya sebuah alat/ bantu loncatan untuk mereka bisa duduk menjadi wakil rakyat (DPR). Tetapi selebihnya bahwa partai pollitik harus dikenal oleh segenap masyarakat bangsa sebagai wadah pendidikan politik yang baik, sehingga di pemilu pada tahun 2019 mendatang tidak lagi ada satu pun masyarakat yang masih apatis, apalagi sampai bersikap pragmatis terhadap partai politik, dan juga KPU tidak susah-susah menggalang kesadaran masyarakat untuk tidak memilih golput, dan seterusnya. () 2

                                    



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan