logoblog

Cari

Tradisi "Ngayo"

Tradisi

Diantara kebiasaan oranag di kampung hususnya  masyarakat Lombok atau masyarakat sasak adalah “ngayo”. Ngayo adalah kunjungan yang dilakukan oleh warga kampung

Opini/Artikel

H. Musleh
Oleh H. Musleh
10 Maret, 2014 12:57:35
Opini/Artikel
Komentar: 1
Dibaca: 12061 Kali

Diantara kebiasaan oranag di kampung hususnya  masyarakat Lombok atau masyarakat sasak adalah “ngayo”. Ngayo adalah kunjungan yang dilakukan oleh warga kampung kepada warga kampung yang lain dengan tujuan, untuk menghilangkan rasa penat di rumah, atau sekedar jalan-jalan, atau untuk mendapatkan sebuah informasi tentang dan biasanya dia diterima di berugak, atau di teras rumah.

Dalam ngayo ini selalu ada diskusi yang menarik, yang dilakukan oleh warga kampung. Diskusi dimulai dari hal-hal yang paling dekat dengan warga, yaitu dimulai dari masalah keluarga yang dialami oleh warga tersebut sampai dengan masalah yang terjadi di Indonesia bahkan masalah yang terjadi secara internasional.

Diskusi ini biasanya mengikuti tren berita pada waktu itu. Contohnya bila pada saat pemberitaan semarak dengan naiknya harga beras, atau naiknya harga bawang, maka diskusi itu hangat dengan pembicaraan harga beras dan harga bawang.

Diskusi itu mengalir tanpa adanya focus pembicaraan atau nyaris tanpa keputusan. Tak jarang pada saat diskusi itu terucap ide-ide kreatif untuk membangun kampong. Namun tak seorangpun peserta diskusi menyadari.

Banyak ide atau keluhan terkait dengan kebijakan pemerintah yang disampaikan oleh peserta diskusi, namun oleh sebagian peserta diskusi hanya bisa menghela napas karena ide dan keluhan itu tidak bisa dilaksanakan atau mengganggu peserta diskusi. Akhirnya idea tau keluhan itu hanya sebatas cerita saat ngayo.

Kini pemerintah melalui Depkominfo memfasilitasi terbentuknya Kampung Media. Kini masyarakat kampung bisa bercerita di media ini sehingga semua orang baik di lokalan kampung itu atau bahkan seluruh dunia, pejabat non pejabat membaca dan mengetahui apa ide tau keluhan dari warga kampung tersebut.

 

Baca Juga :


Banyak orang yang ingin memajukan desanya tapi bingung tidak tahu caranya. Banyak orang yang ingin memajukan desanya tapi mesti menunggu menjadi kepala desa dulu. Jika itu masalah yang pertama saya bisa memberikan solusi dengan ikut bergabung di Kampung Media. Jika itu masalah yang kedua saya sarankan “sadarlah masih ada jalan lain untuk membangun desa yaitu dengan bergabung di Kampung Media.

Orang yang cerdas, dan ingin memajukan desanya dengan ikhlas pasti mau bergabung di Kampung Media. Selamat dan sukses Kampung Media, semoga menjadi Inovasi terbaik di Indonesia. [] - (01)

  



 

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. burex muridmacel

    burex muridmacel

    11 Maret, 2014

    mantab....sahabatku..kapan-kapan bisa juga "nganyo" ketempat kita. banyak informasi yang mungkin saja kita bisa sharing dan pelurkan bersama, terutama persoalan-persoalan yang ada di kampung.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan